Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Tidak Ingin Tertinggal, Pemerintah Kota Gorontalo Belajar Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial setiap tahunnya menyelenggarakan Diklat Sistem Informasi Geospasial (SIG) Tingkat Dasar, Tingkat Lanjut dan Tingkat Manajer.  Untuk kali yang pertama Diklat SIG di tahun 2018 yang diselenggarakan adalah Diklat SIG Tingkat Dasar dengan peserta dari Pemerintah Kota Gorontalo.  

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG), salah satu tugas utama BIG yakni pembinaan IG di Indonesia, termasuk didalamnya terkait sumber daya manusia (SDM)-nya. BIG memiliki Balai Pendidikan dan Pelatihan Geospasial yang bertugas menyelenggarakan pembinaan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia geospasial melalui serangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan, baik internal maupun yang berasal dari instansi pemerintah lainnya yang terkait dengan kegiatan penyelenggaraan geospasial, baik tingkat pusat maupun daerah.  Pada kesempatan ini, BIG mengadakan Diklat SIG Tingkat Dasar untuk periode 12-23 Februari 2018, dengan bertempat di Balai Diklat Geospasial BIG.

Diklat SIG Tingkat Dasar ini dibuka oleh Sekeretaris Utama BIG Titiek Suparwati pada Senin, 12 Februari 2018. "Diklat ini penting untuk meningkatkan kompetensi SDM IG di Indonesia, karena dengan mengikuti diklat tingkat dasar ini diharapkan bapak dan ibu dari Pemkot Gorontalo bisa mengaplikasi kompetensi yang meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku. Setelah diklat ini selesai, minimal peserta bisa membuat gambaran peta, agar bisa menata Kota Gorontalo menjadi lebih baik karena tujuannya adalah untuk membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik, intinya bapak ibu setelah selesai harus bisa membuat peta", jelas Titiek Suparwati.

Adapun Kepala Balai Diklat Geospasial BIG Dadang Arifin, memaparkan bahwa melalui Diklat SIG Tingkat Dasar ini peserta diharapkan mampu membangun basisdata geospasial, mengolah dan memanipulasi basisdata geospasial, serta menyajikan informasi geospasial. Peserta Diklat SIG Tingkat Dasar Periode 12-23 Februari 2018 tersebut diikuti oleh 21 peserta yang berasal dari Pemerintah Kota Gorontalo. Kegiatan diklat ini merupakan implementasi MoU yang baru ditandatangani di BIG pada 6 Februari lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Gorontalo Muchtar Arsjad yang mendampingi peserta Diklat SIG Tingkat Dasar tersebut menyampaikan harapannya agar acara diklat dapat berlangsung dengan lancar, dan peserta bisa mendapatkan pengetahuan tentang SIG lebih dalam dan bermanfaat untuk membangun Kota Gorontalo. Acara hari itu kemudian ditutup dengan penyematan tanda pengenal kepada beberapa peserta yang telah ditunjuk untuk mewakili. Diharapkan melalui kegiatan diklat ini akan tercetak SDM IG yang berkualitas dan berkinerja tinggi, sehingga IG yang dihasilkan dapat semakin berkualitas pula. [IP-YC/TR]