Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Terdapat 89 Ayat Al-Qur’an Menyeru Kepada Orang Beriman

Cibinong, Berita Geospasial - Masih dalam suasana Ramadhan, Dewan Keluarga Masjid (DKM) Al- Idrisi mengadakan ceramah Ramadhan 1438 H, pada Senin, 19 Juni 2017, yang diungkapkan oleh Ustad Khafid dari Badan Informasi Geospasial (BIG) bahwa di dalam ayat suci Al-Qur’an terdapat 89 kali panggilan untuk orang-orang yang beriman. Misalnya seruan puasa (Qur’an Surat 2 ayat 183), seruan berislam dengan Kaffah (Qur’an Surat 2 ayat 208), seruan bersabar dan Sholat (Qur’an Surat 2 ayat 153), makan rejeki yang baik/thoyib (Qur’an Surat 2 ayat 267), seruan meninggalkan riba (Quran surat 2 ayat 278) dan hingga 89 ayat yang merupakan seruan untuk orang-orang beriman yang merupakan tuntunan bagi umat muslim dalam menjalankan hidup dan kehidupan di dunia maupun bekal di akhirat kelak.

Pada Al Qur’an Surat 2 ayat 183, Allah menyeru, “Hai Orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.  Seruan berislam dengan Kaffah pada Al Qur'an Surat 2 ayat 208 yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turuti langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”. Tentang seruan bersabar dan sholat terdapat pada Al Qur’an Surat 2 ayat 153 yang berbunyi “ Hai rang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. Kemudian Allah menyeru tentang makan rejeki yang baik dalam Al Qur’an  Surat 2 ayat 267 yang berbunyi, “ Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. Selain itu seruan meninggalkan riba, pada Al-Qur’an Surat 2 ayat 278) yang berbunyi  “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dam tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman”. Inilah sebagian dari 89 ayat Al-Qur’an yang menyeru kepada orang beriman agar bertaqwa.

Selanjutnya Khafid mengatakan jumlah penduduk dunia berjumlah 6.5 Milyar, dari jumlah tersebut jumlah penduduk muslim dunia tercatat sebesar  1,6 Milyar atau sebesar 22,32 % dari penduduk dunia saat ini.  Dari jumlah 1,6 Milyar penduduk muslim tersebut, jumlah orang-orang yang beriman hanya sedikit. Untuk itu Khafid mengajak umat muslim agar menjadi orang yang beriman, bertaqwa, hal ini termasuk dalam Surat Al Anfaal ayat 2-4 yang berbunyi , (2) “Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka,  dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah Iman mereka (karenanya) dan hanya kepada Tuhanlah mereka, bertawakal”. (3) (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka”. (4) itulah orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhan dan ampunan serta rezeki (nikmat) yang mulia".

 

Selanjuntya tentang Hari Raya Idul Fitri,  Khafid mengatakan, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal  1438 H akan jatuh pada hari Minggu, tanggal 25 Juni 2017, setelah mengamati hilal sudah di atas 3 derajat. Ke depan Ormas Islam seluruh Indonesia akan mengawali 1 Ramadhan dengan bersama-sama. (ATM/TR)