Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

South East Asian Survey Congress 12th, Manila, Philippines

Filipina telah menjadi tuan rumah ke-12 acara South East Asian Survey Congress yang diselenggarakan pada tanggal 18-20 Juni 2013 di Philippines International Convention Center (PICC) Manila. Acara ini adalah hasil kerjasama antara National Mapping and Resource Information Authority Authority (NAMRIA), Philippine Geodetic Engineering and Geomatics Society (PHILGEGS) dibawah naungan ASEAN Federation of Land Surveying and Geomatics (AFLAG).

Kongres yang diadakan ini mengusung tema “Geospatial Cooperation Towards a Sustainable Future” dan bertujuan untuk memberikan informasi terkini dari aktivitas survei, pemetaan, serta geomatika melalui makalah dan presentasi produk. Hal ini menjadi kesempatan besar bagi para profesional dari kawasan ASEAN dan dunia internasional untuk memperoleh banyak informasi, inisiatif serta diskusi memecahkan permasalahan geomatika. Ini juga akan menjadi jalan untuk deklarasi persatuan dan solidaritas untuk memperkuat kerjasama antar negara anggota AFLAG.

Kegiatan SEASC berlangsung selama tiga hari termasuk sesi pleno, sesi teknis, dan pameran teknologi terbaru. Sesi pleno mencakup diskusi panel dan pembicara utama pejabat dari Filipina, AFLAG, Federation Internasional of Surveyors (FIG), lembaga teknis, dan organisasi internasional. Sesi teknis mencakup topik tentang administrasi tanah dan pengelolaan sumber daya, penilaian dan manajemen real estate, konstruksi dan manajemen transportasi, pengelolaan sumber daya pesisir dan kelautan; pengelolaan lingkungan hidup; pemerintahan daerah; intelijen geospasial, pendidikan dan mutual recognition, pengembangan kelembagaan dan peningkatan kapasitas; perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana, manajemen informasi geospasial dan kerja sama; masyarakat atau komunitas spasial; geovisualization, ilmu geospasial lain termasuk aplikasi teknologi dan inovasi. Peta dan pameran teknologi akan menampilkan tren teknologi terbaru dalam survei, pemetaan, dan geomatika.

Rangkaian acara SEASC 12th diawali dengan pertemuan anggota dan pengurus ASEAN Federation of Land Surveying and Geomatics (AFLAG), pada hari Senin, tanggal 17 Juni 2013. Pertemuan ini mempunyai agenda antara lain, laporan pengurus periode sebelumnya 2011-2013, rencana kerja 2 tahun ke depan dan pemilihan pengurus dan anggota AFLAG untuk periode 2013-2015. Dari Indonesia diwakili delegasi oleh instansi Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pimpinan perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Survei dan Pemetaan Informasi Geospasial (APSPIG). Dari BIG delegasi terdiri dari Budhy Andono Soehadi (Sekretaris Utama), Edwin Hendrayana (Deputi Bidang IGD) dan Sugeng Prijadi (Ketua Pokja JDSN).  

Pada hari Selasa 18 Juni 2013, acara SEASC ke 12 dibuka oleh Dr. Peter N. Tiangco, Administrator National Mapping and Resource Information Authority Philippines (NAMRIA). Acara pembukaan ini juga diisi oleh Dr.Wicha Jiwalai, President ASEAN Federation of Land Surveying and Geomatics (AFLAG) dan Mr.Cheehai Teo, President FIG. Acara pembukaan diiringi juga oleh musik dan tarian asli Philippines yang memang banyak didominasi oleh budaya Spanyol. Selesai acara pembukaan, para peserta menuju acara pameran yang diikuti sekitar 100 stand, yang terdiri perusahaan atau vendor khususnya di surveying and mapping.

Selanjutnya acara pada sesi teknis (18-20 Juni 2013) dilakukan pemaparan atau presentasi dari para pemakalah, yang menurut panitian terdiri dari sekita 70 makalah. Dari BIG ada 5 pemakalah yang melakukan presentasi, yaitu 4 orang fungsional peneliti dan 1 orang fungsional surveyor pemetaan. Selain sesi teknis, pada saat yang bersamaan pula, dilangsungkan Round Table Discussion, dengan tema Strenthening Disaster Risk Reduction Management in the ASEAN Region dan wacana sistem referensi tunggal untuk kawasan ASEAN atau SEAREF (South East Asia Reference Frame). Pada kesempatan ini dipromosikan rencana agenda kongres ke-25 FIG di Kuala Lumpur, Malaysia, 16-21 Juni 2014 dan juga rencana agenda SEASC yang ke-13, rencananya akan di adakan di Marina Bay Sands, Singapura, pada 28-31 Juli 2015, dengan tema Expanding the Geospatial Future.

Oleh: Fajar Triady Mugiarto
Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai, BIG