Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Sosialisasi Peraturan Kepala BIG No.13 Tahun 2014

Cibinong, Berita Geospasial BIG – Untuk meningkatkan profesionalitas, produktivitas dan disiplin Pegawai Negeri Sipil, Badan Informasi Geospasial melaksanakan pembinaan pegawai dengan mengawalinya melalui Sosialisasi Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial No. 13 Tahun 2014.  Peraturan ini adalah tentang Hari Kerja, Jam Kerja dan Perhitungan Tunjangan Kinerja di Lingkungan Badan Informasi Geospasial.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi Reformasi Birokrasi di lingkungan Badan Informasi Geospasial (BIG). Perka BIG No. 13 Tahun 2014 ini menjelaskan bahwa Jam Kerja Hari Senin – Kamis adalah Jam 07.30 – 16.00, Hari Jum’at Jam 07.30 – 16.30, dimana jumlah jam kerja dalam 1 hari kerja paling sedikit 7,5 jam dengan toleransi keterlambatan diberikan paling lama 60 (enam puluh) menit. Sebagai upaya pelaksanaan hari kerja dan jam kerja diterapkan sistem presensi, yang  dilakukan pada waktu datang dan pada waktu pulang kerja.

Sosialisasi yang dibuka oleh Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati dilaksanakan pada Rabu 31 Desember 2014 di Aula Utama Kantor BIG Cibinong. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh para Pejabat Eselon I, II, III, IV serta Pegawai dilingkungan BIG. Pada sambutannya, Sestama BIG Titiek Suparwati mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan implementasi dari Undang-Undang No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah No.53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lebih jauh dijelaskan oleh Titiek, bahwa untuk meningkatkan efektivitas dalam bekerja, maka setiap ASNharus menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP), yangmerupakan salahsatu unsur didalam penilaian prestasi kerja ASN. Untuk itu pengawasan dari pimpinan dan kerjasama pimpinan dan bawahan harus selalu dilakukan agar tercipta suasana yang nyaman dalam bekerja. Peraturan mengenai jam kerja dan perhitungan tunjangan kinerja tersebut perlu didukung oleh perangkat presensi yang memadai dan peraturan ini agar dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab, demikian pungkas Titiek Suparwati.

Pada kegiatan sosialisasi dilakukan paparan lebih detil untuk memahami berbagai hal yang terkait dengan jam kerja dan tunjangan kinerja di BIG.  Paparan tersebut meliputimateri Perka Kepala BIG No.13 Tahun 2014 oleh Plt. Kepala Bagian Hukum, Sora Lokita dan Grade Jabatan dan Tunjangan Kinerjaoleh Syahrudin serta materi Sistem Informasi Presensi oleh Adi Junjunan Mustafa.  Semoga dengan adanya tunjangan kinerja ini, memberikan peningkatan kualitas dalam bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara di BIG khususnya, di Indonesia pada umumnya.  (YI/TR).