Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Sosialisasi Lanjutan E-PU PNS 2015 di Badan Informasi Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial BIG -

Setelah dilaksanakan sosialisasi pendataan ulang pegawai negeri sipil melalui Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015) pada 16 September lalu dengan mendatangkan narasumber dari Badan Kepegawaian Negara, maka untuk selanjutnya perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut untuk seluruh pegawai BIG.  Sosialisasi sebelumnya dilakukan terhadap pegawai perwakilan unit teknis di BIG, sosialisasi lanjutan ini dilakukan secara bertahap untuk seluruh pegawai BIG.

Pendaftaraan ulang untuk tahun ini berbeda dari yang sebelumnya. Memasuki era digital, PNS diberi kemudahan melakukan pembaharuan data secara online menggunakan e-PUPNS. Sistem ini berfungsi sebagai perangkat (tools) dalam  mendukung  kegiatan  pendataan  ulang  PNS, yang meliputi tahap pemutakhiran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015), setiap PNS wajib untuk melakukan pendataan ulang dengan periode waktu yang telah ditentukan. Bagi PNS yang tidak melakukan pendataan ulang akan dianggap telah mengundurkan diri dan akan dikeluarkan dari database kepegawaian nasional. Berlatar belakang hal tersebut, sosialisasi tentang e-PUPNS dianggap sangat perlu dilakukan guna membantu serta memberikan pengetahuan kepada para PNS dalam melakukan pendataan ulang.

Seperti halnya instansi pemerintahan lainnya, Badan Informasi Geospasial (BIG) turut mengadakan sosialisasi lanjutan e-PUPNS 2015. Sosialisasi ini dipimpin oleh Sigit Murjati, Kepala Bagian Kepegawaian dari Biro Perencanaan, Kepegawaian, dan Hukum (PKH) BIG pada Rabu, 23 September 2015 di Aula Gedung S BIG lantai 2, Cibinong. Sosialisasi dilaksanakan secara bertahap untuk seluruh staf BIG selama beberapa hari secara bergantian. Kali ini sosialisasi diselenggarakan untuk para staf BIG dari Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP), Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG) dan Inspektorat BIG. Sigit menjelaskan bahwa jadwal pelaksanaan e-PUPNS Tahun 2015 untuk BIG terdiri atas dua tahap. Dimana tahap pertama adalah proses registrasi e-PUPNS dilaksanakan pada tanggal 1-30 September 2015. Sementara tahap kedua yaitu pengisian formulir e-PUPNS dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Oktober-15 November 2015.

Sigit kemudian membeberkan cakupan data apa saja yang nantinya akan didata untuk e-PUPNS tahun 2015 ini. Data yang dibutuhkan antara lain seperti : Data Pokok Kepegawaian (Core Data); Data Riwayat (Historical), yaitu kepangkatan, pendidikan, jabatan, keluarga; Data Sosial Ekonomi (Kesejahteraan) PNS, yaitu pendidikan anak dan perumahan; Self Assessment, yaitu kompetensi dan potensi individu; dan lain-lain yang terkait. Mengingat pentingnya e-PUPNS ini, bagi PNS yang tidak mengikuti e-PUPNS Tahun 2015 akan mendapatkan sanksi yaitu tidak tercatat dalam database ASN Nasional di BKN. "Bila tidak terdaftar, maka PNS tersebut tidak akan mendapatkan layanan kepegawaian dan dapat dinyatakan berhenti/pensiun", tandas Sigit kepada para peserta yang hadir.

Sosialiasasi kemudian diteruskan dengan penjelasan terkait alur e-PUPNS Tahun 2015 oleh Rika Indriani dari PKH BIG. Ada 5 tahap yang harus dilakukan, yaitu : registrasi untuk login ke sistem PUPNS; login dan entri form PUPNS; Verifikator SKPD; Verifikator BKD/Biro Kepeg. Instansi; Verifikator BKN Pusat/Kanreg. Ada 2 alamat akses yang bisa digunakan untuk e-PUPNS Tahun 2015 ini, http://pupns.bkn.go.id dan https://epupns.bkn.go.id. "Biasanya beberapa masalah yang dihadapi dalam pendaftaran ulang beragam, mulai dari tidak adanya data dalam database karena tidak ikut PUPNS 2003, beda instansi, hingga salah NIP", terang Rika.

Untuk itu dari PKH BIG telah menyediakan layanan bantuan untuk pegawai bila mengalami kesulitan atau permasalahan dalam melakukan registrasi/pengisian formulir. PKH BIG telah menyediakan helpdesk PUPNS serta alamat email yang bisa dihubungi bila nantinya mengalami hambatan dalam pelaksanaannya. Kemudian Rika juga memberikan informasi terkait layanan satgas PUPNS Tahun 2015 yang bisa dihubungi melalui berbagai cara. Penjelasan tersebut sekaligus menutup sosialiasasi pada hari itu. Kegiatan sosialisasi lanjutan PUPNS Tahun 2015 di BIG sendiri akan berlangsung sampai tanggal 29 September 2015, secara bergantian. Dimana nantinya semua pegawai yang ada di seluruh pusat-pusat/bagian yang ada di BIG akan mengikuti. Diharapkan melalui sosialisasi ini para pegawai BIG mendapatkan pengetahuan terkait proses dan tata cara untuk melakukan pendaftaran ulang PNS Tahun 2015. Sehingga nantinya para PNS BIG dapat terdaftar di BKN semua dengan benar, agar tercatat sebagai PNS Indonesia. (QA-LR/TR)