Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Sosialisasi Gratifikasi dan Perpres 55 Tahun 2012 bagi Pejabat BIG

Pencegahan dan pemberantasan korupsi merupakan salah satu komitmen pemerintah yang harus dilaksanakan oleh seluruh pejabat dan pegawai di seluruh Kementerian dan Lembaga. Komitmen pemerintah untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi telah ditunjukkan dengan meratifikasi konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Anti Korupsi pada tahun 2003. Selanjutnya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia diatur dalam Perpres 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi dibagi dalam berbagai jangka waktu, yaitu jangka panjang tahun 2012-2025, yang kemudian dijabarkan ke dalam jangka menengah selama 2 tahunan, misalnya tahun 2012 – 2014.

Sosialisasi yang menghadirkan pembicara Arief Nugrahadi Kuncoro dan Nur Arief Patrantono dari Direktorat Gratifikasi Deputi Bidang Pencegahan KPK, dilaksanakan pada Kamis, 6 Juli 2013 di Balai Kartini Jakarta. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala BIG Asep Karsidi, dan dihadiri oleh pejabat structural Eselon I - IV serta Pejabat Penerbit Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan BIG.

Pada sambutan pembukaan, Kepala BIG, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting agar tercapai Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance). Selanjutnya Kepala BIG berharap agar sosialisasi ini tidak hanya untuk pejabat structural dan pejabat pengelola keuangan tetapi harus disosialisasikan kepada seluruh pegawai BIG.