Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

SMK Kehutanan Bakti Rimba Sambangi Open House BIG

Cibinong, Berita Geospasial  - Sehubungan dengan peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) yang jatuh pada 17 Oktober, maka Badan Informasi Geospasial (BIG) membuat program Bulan Geospasial dari mulai tanggal 8 hingga 30 Oktober di tahun 2017 ini. Serangkaian acara pun telah dilaksanakan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah kegiatan Open House BIG. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari, dimulai dari tangal 24 hingga 26 Oktober 2017. Dengan diikuti dari beberapa sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK.

Kegiatan Open House BIG dilaksanakan dalam 2 kegiatan, baik indoor maupun outdoor. Untuk indoor dilaksanakan di Ruang Rapat dan Ruang Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Geospasial BIG, dengan materi berupa paparan dari narasumber BIG terkait produk dan tugas fungsi BIG. Sementara untuk kegiatan outdoor berupa praktik menerbangkan UAV dan permainan, termasuk photobooth dan lorong geospasial. Peserta dipandu oleh pemandu dari BIG untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut.

SMK Kehutanan Bakti Rimba termasuk sekolah peserta dari kegiatan Open House BIG. Pada hari Kamis, tanggal 26 Oktober 2017, sebanyak 46 siswa/i turut meramaikan acara yang diselenggarakan oleh BIG ini. Acara dimulai dari mengikuti permainan ular tangga dan menyusun puzzle peta Rupa Bumi Indonesia (RBI). Walaupun tidak semua peserta mengikuti permainan karena keterbatasan peralatan dan lain sebagainya, namun semua ikut memeriahkan suasana permainan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke lorong geospasial. Di sini siswa/i diberikan pengetahuan seputar IG dan sedikit perkenalan tentang apa tugas pokok dan fungsi BIG. Adapun di lorong geospasial terdapat pula display pesawat UAV dan miniatur kapal survei jenis Catamaran yang bernama Tanjung Perak. Siswa/i juga diajak untuk melihat stereoplotting dari laptop dengan menggunakan kacamata 3D dan tidak sedikit pula yang terlihat antusias memainkannya antusias.

Terakhir, siswa/i diajak ke lapangan hijau BIG untuk melihat demo pengoperasian pesawat UAV/Drone. Di sini, siswa/i diberi informasi mengenai cara – cara menerbangkan dan pengoperasian pesawat UAV/Drone. Mereka diajak untuk berfoto bersama dan mengambil video dengan menggunakan pesawat UAV/Drone. Setelah menyaksikan demo pengoerasian pesawat UAV/Drone secara langsung siswa/i berkumpul untuk kembali pulang ke sekolah masing – masing. Semoga kegiatan Open House BIG ini bisa meningkatkan pengetahuan mereka tentang produk dan tugas BIG. Sehingga BIG semakin dikenal dan IG dapat semakin dimanfaatkan oleh para masyarakat Indonesia pada umumnya. (KN/LR)