Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

SMK Kehutanan Bakti Rimba Bogor Lakukan Kunjungan Pendidikan ke BIG

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara informasi geospasial dasar di Indonesia menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat terutama yang mempelajari ilmu kebumian untuk berguru demi mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai perkembangan informasi geospasial di Indonesia. Salah satu yang antusias terhadap pentingnya informasi geospasial adalah SMK Kehutanan Bakti Rimba, Bogor dengan berkunjung ke Kantor BIG, Cibinong pada Senin, 11 Mei 2015.

Sebanyak 33 siswa-siswi dari SMK Kehutanan Bakti Rimba bersama para guru pendamping diterima oleh Tommy Nautico, staf Bidang Promosi dan Kerja Sama Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPKS) BIG. Bertempat di Aula Utama, Staf PPKS lainnya, Dian Ardiansyah memberikan overview mengenai Kantor BIG dan juga tugas dan fungsi lembaga ini.

Hadir dari pusat teknis untuk turut menyampaikan ilmu dan pengalamannya, Wildan Firdaus dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponimi (PPRT) yang menyampaikan "Proses Pembuatan Peta Rupabumi Indonesia". Peta Rupabumi Indonesia (RBI) merupakan salah satu Informasi Geospasial Dasar. proses pembuatan Peta RBI diantaranya adalah akuisisi data, stereo ploting, survei lapangan, basis data, dan proses pemetaannya. Sementara itu, Yan Anugrah R. dari Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika (PJKGG) yang menyampaikan materi mengenai "Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika". Jaring Kontrol Geodesi ini juha merupakan Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan digunakan sebagai acuan/referensi dalam penentuan posisi (koordinat)  secara nasional. Semakin mendalami materi, para siswa-siswi pun terlihat semakin antusias baik dari keseriusan mereka maupun banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pada sesi selanjutnya, Murdaningsih dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPPIG) menyampaikan informasi mengenai "Citra Tegak Resolusi Tinggi" dan juga mendemokan cara penggunaan Ina-GeoPortal dengan mudah dan cepat. Portal yang beralamat di portal.ina-sdi.or.id. ini memfasilitasi pengguna  untuk saling berbagi pakai data dan informasi geospasial.Pada sesi terakhir, hadir narasumber dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT), Nugroho, yang menyampaikan cara kerja Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) dalam mendukung akuisisi data untuk proses pemetaan. Semoga dengan banyaknya kunjungan ke BIG, maka Informasi Geospasial semakin membumi di kalangan pelajar sehingga kecerdasan geospasial bagi para siswa semakin terasah. (ADP/YI/TR)