Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

SMA Cahaya Fadhilah Pelajari Informasi Geospasial di BIG

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara Informasi Geospasial Dasar (IGD) di Indonesia menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat umum untuk menambah wawasan dan Informasi secara luas terkait  Informasi Geospasial (IG) dan pemetaan pada umumnya. BIG secara terbuka menyambut masyarakat umum, SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang antusias ingin menambah ilmu tentang pemetaan. Kali ini yang datang kunjungan ke kantor BIG adalah  SMA Cahaya Fadhilah yang beralamat di Jl. Lingkar Luar Barat No. 7 RT. 013/07 Kel. Duri Kosambi Kec. Cengkareng Jakarta Barat, pada tanggal 8 Mei 2017 yang lalu.

Sebanyak 72 siswa-siswi  dari SMA Cahaya Fadhilah bersama  8   guru pendamping diterima oleh Nuruli Khotimah , Staf Promosi dan Kerja Sama, Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS) BIG. Acara penerimaan kunjungan bertempat di Aula Utama Gedung S Lantai 2, Kantor BIG, Cibinong. Tujuan kunjungan dari pihak sekolah adalah untuk menambah wawasan dari siswa/i SMA Cahaya  Fadhilah mengenai ilmu Pemetaan, dan menumbuhkan minat para siswa untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. BIG yang diwakili oleh Nuruli Khotimah, menyatakan sangat menyambut baik kunjungan ini dan menggunakannya sebagai sarana promosi BIG, serta memperkenalkan lebih jauh tentang IG dan BIG kepada para guru dan murid.

Untuk materi yang akan disampaikan antara lain terkait : profil BIG; mengenal proses pembuatan peta rupa bumi Indonesia dan jenis-jenis peta Indonesia; aplikasi inderaja dan sistem informasi geografis untuk pemetaan tematik; serta demo Ina-Geoportal. Acara dimulai dengan sambutan dan arahan dari Agung Teguh Mandira, Staf Promosi dan Kerja Sama BIG, selanjutnya Nuruli Khotimah memberikan materi mengenai Profil BIG. Sebagai selingan, diberikan tanya jawab dengan memberikan hadiah pada kesempatan tersebut.

Setelah pemaparan materi terkait profil BIG, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait pembuatan peta rupa bumi dan jenis jenis peta Indonesia oleh Rohullah Ragajaya, Staf Pusat Pusat Peta Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG. Ragajaya menjelaskan secara singkat apa itu peta rupabumi, jenis-jenis peta Indonesia dan bagaimana dalam memetakan suatu wilayah dalam skala besar ataupun skala kecil yang dilakukan oleh BIG. Agar penyampaian materi tidak monoton, moderator lagi-lagi memberikan selingan berupa game-game pertanyaan mengenai materi yang dijelaskan oleh moderator, bagi siapa yang bisa menjawab dengan benar maka siswa-siswi ataupun guru akan diberikan hadiah oleh BIG seperti : topi, gantungan kunci dan buku

Materi selanjutnya adalah Ina-Geoportal. sebagai paparan terakhir disampaikan oleh Adisty Pratamasari, Staf Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) BIG. Agung menjelaskan bahwa Ina-Geoportal atau disebut Indonesia Geospatial Portal, merupakan portal nasional milik negara Indonesia yang diinisiasi oleh BIG, berisi data resmi Pemerintah. Dengan Ina-Geoportal, setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah bisa menerapkan sistem berbagi pakai data IG dengan cepat dan mudah. Ina-Geoportal saat ini bisa diakses di web: http://tanahair.indonesia.go.id, dan sudah bisa diunduh di Playstore dan AppleStore, sehingga bisa digunakan di Android dan iOS. Para siswa yang mempunyai tugas Geografi dapat memanfaatkan Ina-Geoportal untuk mendapatkan data dan Informasi Geospasial.

Di akhir acara, BIG meminta perwakilan guru dari SMA Cahaya Fadilah untuk menyampaikan kesan dan pesan tentang BIG. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama, dan penyerahan souvenir secara simbolis antara BIG dan SMA Cahaya Fadilah. Sebelum para siswa–siswi dan para guru meningalkan kantor BIG, para tamu kunjungan kemudian diarahkan untuk melihat peta yang sudah di produksi oleh BIG, bertempat di Sentra Peta BIG, untuk melihat dan mempelajari peta secara langsung, termasuk jenis peta apa saja yang dibuat oleh BIG. (IP/LR)