Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Siswa SMP Bosowa Al Azhar Belajar Informasi Geospasial di BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 23 siswa SMP Bosowa Al Azhar Cilegon mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG). Kunjungan ini bertujuan memperluas wawasan siswa terkait Informasi Geospasial (IG).

“Setelah kunjungan ini, semoga siswa kami bisa mendapat gambaran kerja yang berkaitan dengan BIG,” ucap Kepala Sekolah SMP Bosowa Al Azhar Cilegon Muhidayat di Aula BIG, Cibinong, Bogor, Kamis, 7 Februari 2019.

Pada kunjungan ini, siswa SMP Bosowa Al Azhar Cilegon mendapatkan materi tentang proses pemetaan dasar dari hulu ke hilir oleh Rohullah Ragajaya dari Pusat Pemetaan Rupa Bumi dan Toponim (PPRT). Dijelaskan pula bahwa terdapat dua jenis IG, yaitu Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan Informasi Geospasial Tematik (IGT).

“IGD itu salah satunya berupa peta dasar, yaitu Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI), Peta Lingkungan Pantai Indonesia (LPI), dan Peta Lingkungan Laut Nasional (LLN). Sedangkan, IGT di antaranya Peta Rencana Tata Ruang, Peta Sumber Daya Alam, dan Peta Kebencanaan,” terang Raga.

Matera lainnya disampaikan Satrio Jati Kinantyo Widhi dari Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas (PTRA). Ia menjelaskan mengenai atlas dan perbedaannya dengan peta.

“Peta adalah gambaran dari unsur-unsur alam dan/atau unsur-unsur buatan manusia yang berada di atas maupun di bawah permukaan bumi yang digambarkan pada suatu bidang datar dengan skala dan sistem proyeksi tertentu. Sementara, atlas adalah kombinasi data geospasial yang disusun secara sistematik dan berhubungan, dilengkapi dengan fungsi narasi," jabarnya.

Kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama di lapangan BIG dengan pesawat tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Pesawat ini biasa digunakan BIG untuk pemotretan udara saat survey lapangan. (KI/NIN)