Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

SERUNYA OPEN HOUSE BIG BERSAMA SMP PGRI 1 CIBINONG

Berita Geospasial, Cibinong – Dalam rangka memeriahkan acara Hari Informasi Geospasial tahun 2017, BIG mengadakan acara open house dengan menerima berbagai kunjungan dari sekolah-sekolah, mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas. Salah satu sekolah yang berkunjung ke BIG adalah SMP PGRI 1 Cibinong. Kunjungan ini dilakukan pada 25 Oktober 2017. Adapun tujuan dari kunjungan ini untuk memperkenalkan informasi geospasial dengan cara yang lebih menyenangkan/ fun melalui aneka ragam permainan/ games dan demo UAV yang cukup membuat mereka penasaran mengenai proses pemetaan yang dilakukan BIG.

Adapun cara yang menyenangkan/ fun dikemas dalam permainan/ games pada penyampaian materinya. Diantaranya berupa peta buta dan puzzle peta. Anak-anak  terlihat lebih menikmati/enjoy dalam menerima materi info geospasial yang disampaikan oleh pemateri. Permainan/ games lainnya adalah Ular Tangga. Pada permainan ini, peserta diberikan pertanyaan lalu melempar dadu dan peserta bisa naik ataupun turun. Pertanyaannya pun seputar informasi geospasial jadi selain mengikuti permainan/ games peserta bisa mendapatkan ilmu dari pertanyaan – pertanyaan tersebut. Pada permainan/ games Puzzle Peta, peserta dibagi dalam beberapa kelompok dimana masing-masing diberikan potongan puzzle yang jika disusun menggambarkan pulau tertentu di Indonesia. Selain permainan/games tersebut diatas, Peta Buta merupakan permainan/games yang sulit menurut para siswa/i PGRI ini, tapi walaupun sulit mereka terlihat sangat menikmati seluruh permainan/ games yang diadakan pada acara Open House ini. Setelah asyik bermain permainan/ games, peserta dipersilakan untuk berfoto di Photo Booth yang sudah disiapkan oleh Tim Penerima Kunjungan, dan foto tersebut kemudian dicetak untuk dibawa ke sekolah.

Selain permainan/ games, peserta juga menyusuri Lorong Geospasial untuk melihat berbagai pameran terkait Informasi Geospasial. Sepanjang Lorong Geospasial ini, terdapat booth dari masing-masing pusat yang ada di BIG. Booth tersebut berisikan materi baik berbentuk infografis, poster, buku-buku dan materi pameran lainnya yang menggambarkan kegiatan yang menjadi tugas dari pusat tersebut. Booth – Booth yang tersedia adalah Booth Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim, Booth Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai terdapat pesawat UAV (Unman Aerial Vehicle) dan beberapa Booth juga memberikan pertanyaan kepada peserta kunjungan dan memberikan hadiah bagi peserta yang bisa menjawab.

Terakhir, peserta mendapatkan materi tentang UAV dan mempraktikan langsung cara pengoperasian UAV di depan peserta kunjungan. Dan yang paling seru adalah demo UAV diarahkan untuk membentuk formasi tertentu untuk diambil gambarnya menggunakan UAV. (NK/AS)