Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Senam Bersama Tingkatkan Kemandirian di Badan Informasi Geospasial

Cibinong, Berita Reformasi Birokrasi BIG- Dalam mendukung kegiatan Reformasi Birokrasi di tubuh Badan Informasi Geospasial (BIG) diadakan serangkaian acara yang dikomando oleh Kedeputian Bidang Informasi Geospasial Tematik dengan tim pelaksana Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT). Sesuai Inpres Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Revolusi Mental ada 5 (lima) program yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan hari ini BIG mengambil tema Meningkatkan Soliditas dan Produktivitas Tim Menuju Kemandirian Informasi Geospasial. Tema ini diusung PPIT untuk mendukung Program Gerakan Indonesia Mandiri yaitu salah satu program dari 5 (lima) Program Gerakan Revolusi Mental.

Jumat 5 Mei 2017, pagi yang cerah setelah semalam hujan deras mengguyur kota Cibinong dan sekitarnya. Dengan slogan ME Problem WE Solution, seluruh pegawai BIG baik Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN ditemani oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan BIG berbaris rapi diatas rumput lapangan BIG yang basah mengikuti arahan panitia bersiap mengikuti senam bersama. Pukul 8.00 WIB, senam bersama dimulai, Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin turut hadir dan bersenam ria bersama sejumlah pejabat struktural baik dari eselon I hingga eselon IV. Panitia mendatangkan instruktur senam dari Jakarta untuk memandu kegiatan senam pagi ini. Pak Alwi, instruktur senam memberikan gerakan dan lagu yang disesuaikan dengan kondisi tubuh peserta senam dan gerakannya mengacu pada slogan ME (Problem) WE (Solution) Team Work. Tema ME dan WE yang diangkat menggambarkan masalah adalah berasal dari diri manusia itu sendiri (ME), dengan kerjasama yang baik dengan tim atau teman (WE) akan menghasilkan solusi bersama.

Pagi ini, Kepala BIG, Hassanudin memberikan pidato pembuka acara Gerakan Revolusi Mental Program Gerakan BIG Mandiri, Kedeputian Bidang Informasi Geospasial Tematik seusai senam bersama. Pak Hasanuddin ada berpesan bahwa pegawai BIG harus solid dan produktif dalam mendukung pekerjaan Informasi Geospasial sehingga cita-cita menuju Kemandirian IG terwujud. Jadikan Gerakan Revolusi Mental ini mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur dan sejahtera, dalam rangka memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia.

Rangkaian kegiatan senam bersama diakhiri dengan kegiatan team building yang diatur oleh event organizer (EO) yang didatangkan oleh PPIT. EO memandu beberapa pegawai BIG untuk ikut permainan yang berciri pembentukan soliditas, produktivitas dan kemandirian tim. Kegiatan ini berlangsung sekitar setengah jam dan seusai acara ini dilanjutkan makan pagi bersama.

Panitia menghidangkan sejumlah besar makanan dan minuman untuk semua yang hadir pada kegiatan senam pagi bersama ini. Seluruh pegawai berbaris rapi antri menunggu giliran makan pada pos-pos makanan yang disediakan. Untuk minuman, panitia menyediakan air mineral cukup banyak tersebar di titik- titik yang diperkiraan banyak orang berkumpul. Kantong-kantong sampah disiapkan juga oleh panitia sehingga lapangan upacara tetap bersih dari sampah makanan dan minuman. (AS/ME)