Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Sekolah Vokasi Penginderaan Jauh dan SIG Universitas Gadjah Mada Bertandang ke BIG

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Keberadaan Informasi Geospasial (IG) saat ini menjadi kebutuhan yang cukup penting dalam pertumbuhan dan pembangunan nasional. Apalagi dengan semakin besarnya peran kebijakan satu peta dalam perencanaannya. Kebutuhan tersebut tentunya harus sejalan dengan jumlah dan kemampuan SDM ahli yang bergerak di bidang IG. Sayangnya kebutuhan tersebut belum dapat tercukupi sampai saat ini dikarenakan masih sedikitnya Sumber Daya Manusia (SDM) bidang IG yang berkompeten di Indonesia. Hal tersebut menjadi concern bagi masyarakat Indonesia, seiring dengan tahun 2016 ini, dimana Indonesia dan negara ASEAN lainnya mulai memasuki masa MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), dimana SDM dalam negeri harus siap bersaing dengan SDM dari luar negeriAdapun persiapan tersebut bisa dimulai sejak sekolah, atau bisa juga diasah dari bangku kuliah.

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai penyelenggara utama IG Dasar (IGD) di Indonesia memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan kepada SDM IG di Indonesia agar menjadi lebih handal dan mampu bersaing. Salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah melalui penyelenggaraan kegiatan penerimaan kunjungan. Kegiatan penerimaan ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan BIG dalam rangka untuk mengenalkan IG dan BIG itu sendiri kepada khalayak umum. Beberapa waktu lalu dalam rangka mengoptimalkan studi dan kemampuan mahasiswa untuk mencetak SDM yang berkompeten dalam bidang IG, Program Vokasi Penginderaan Jauh (PJ) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), melakukan kunjungan ke kantor BIG. Program yang berada di bawah Departemen Teknologi Kebumian UGM ini, bertandang ke BIG pada  Jumat, 5 Februari 2016. Peserta kunjungan ini merupakan mahasiswa yang tergabung di Student Association of Remote Sensing and GIS (STARGIS) Sekolah Vokasi UGM, terdiri dari 68 mahasiswa serta 2 dosen program PJ dan SIG. Acara penerimaan kunjungan berlangsung di Aula Utama Gedung S Lantai 2 kantor BIG, mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan yang dibawakan oleh Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama dari Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS) BIG, Sri Lestari Munajati. Untuk menyambut kedatangan para mahasiswa dari Kota Gudeg ini, dalam sambutannya Lestari menyebutkan rencana kegiatan Job Fair yang akan diselenggarakan oleh BIG pada bulan Juni mendatang. Dalam kegiatan Job Fair tersebut, nantinya BIG akan mengundang para stakeholder yang membutuhkan SDM IG, seperti : Pertamina, Coca-Cola, dan perusahaan swasta lainnya. "SDM yang dibutuhkan di nasional itu masih berdasarkan perhitungan di kertas ya, kira-kira kalau dipersenkan hanya sekitar 10% sampai 15%. SDM IG sendiri mungkin memang belum terkoordinir seperti dokter atau guru yang memang sudah jelas. Dri perusahaan-perusahaan pun sebenarnya juga banyak yang membutuhkan SDM IG, hanya saja belum terkoneksi. Nah, kewajiban BIG-lah untuk mengkoneksikan", papar Lestari. Ia juga menambahkan bahwa ke depannya kebutuhan akan SDM IG sangat banyak, sehingga banyak perekrutan yang nantinya akan dilakukan.

Beralih ke sambutan selanjutnya oleh dosen PJ dan SIG Sekolah Vokasi UGM, Karen Slamet Hardjo. Dalam sambutannya, Karen mengungkapkan apresiasinya dapat berkunjung ke BIG bersama para mahasiswa-mahasiswinya. Ia menambahkan bahwa kunjungan ini merupakan ide dari para mahasiswanya yang ingin mengenal lebih dekat tentang tugas dan sistem kerja BIG. Dari kunjungan ini, ia berharap para mahasiswanya dapat mengetahui tugas BIG, dan ke depannya dapat bekerja di BIG. "Saya kira nanti arahnya akan kesana, ini juga akan membutuhkan tenaga-tenaga geospasial yang sangat besar. Apalagi anda di dalam program diploma, harapannya begitu selesai belajarnya di kampus sudah bisa siap kerja, hingga tidak perlu pendalaman untuk teknik dan sebagainya, tapi sudah langsung bisa bekerja", ungkap Karen sebelum menutup sambutannya. Terakhir, Ia juga berharap kunjungan ini dapat menambah wawasan, serta menjawab keingintahuan para mahasiswanya tentang BIG.

Acara selanjutnya adalah presentasi Company Profile BIG yang dibawakan oleh Romanio Bahama Lazuardi dari PPPKS BIG. Secara umum, Romanio menjelaskan tentang fungsi dan tugas dari 12 pusat yang berada di bawah 4 kedeputian di BIG. Mulai dari kedeputian Informasi Geospasial Dasar, Informasi Geospasial Tematik, Infrastruktur Informasi Geospasial, dan Sekretariat Utama. Kedua belas pusat tersebut merupakan pusat-pusat yang menjadi penggerak BIG dalam menyelenggarakan IG di Indonesia. Di akhir presentasi, para mahasiswa diputarkan video produk-produk BIG seperti peta RBI, Atlas Taktual, dan lain sebagainya. Presentasi selanjutnya dibawakan oleh Eko Artanto dari Pusat Pemetaan Batas Wilayah (PPBW) BIG. Eko mempresentasikan tentang proses pemetaan batas wilayah yang dilakukan oleh BIG. Ia menunjukkan bagaimana proses pengerjaan pemetaan batas wilayah Indonesia, baik batas wilayah antar daerah dalam negeri, maupun pemetaan batas wilayah Indonesia dengan wilayah negara lain. Para peserta kunjungan menyimak penjelasan Eko dengan seksama dan di akhir presentasi para peserta mendapat kesempatan untuk bertanya seputar pemetaan batas wilayah. Pada kesempatan tersebut, baik dosen maupun mahasiswa yang hadir mengajukan beberapa pertanyaan terkait pemetaan batas wilayah yang bdilakukan oleh PPBW ini.

Acara berlanjut dengan presentasi dan demo tentang Ina-Geoportal yang dibawakan oleh Wendra dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) BIG. Wendra menjelaskan secara umum tentang fungsi dan kegunaan Ina-Geoportal yang merupakan salah satu produk BIG. Tidak ketinggalan, ia juga mendemokan cara penggunaan Ina-Geoportal melalui portal website http://tanahair.indonesia.go.id kepada seluruh peserta kunjungan. Acara kunjungan hari itupun diakhiri dengan demo penerbangan drone UAV di lapangan BIG. Seluruh peserta diajak membentuk barisan formasi bertuliskan UGM yang merupakan singkatan dari Universitas Gajah Mada. Setelah seluruh persiapan selesai, UAV pun diterbangkan dengan bantuan Ali Amarullah dan Nugroho Purnowo dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. Seluruh peserta terlihat antusias dan acara berakhir dengan foto bersama peserta dengan seluruh panitia. Semoga kegiatan kunjungan ini dapat meningkatkan pengetahuan para mahasiswa tentang apa itu IG, dan nantinya dapat diaplikasikan di dunia kerja.  (QA/LR)