Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

SDN Pakansari 2 Cibinong Meriahkan Penghujuang Acara Peringatan HIG 2017

Berita Geosapsial, Cibinong – Dipenghujung acara peringatan Hari Informasi Geospasial 2017 sekaligus acara peringatan Hari Ulang Tahun BIG ke-48, BIG menerima kunjungan dari SDN Pakansari 2 Cibinong. Salah satu Sekolah Dasar Negeri di Cibinong ini datang ke BIG dengan jumlah peserta 126 orang dan didampingi oleh para guru dari SDN Pakansari 2 Cibinong. Peserta yang berjumlah 126 orang ini kemudian dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing diterima di arahkan ke Gedung Diklat, Lorong Geospasial dan Lapangan Upacara BIG.

Di Gedung diklat, setelah peserta diarahkan untuk melakukan registrasi, peserta diajak untuk bermain Games Geospasial. Games ini dipandu oleh Nuruli Khotimah dan Yochi Citra Pramesti, staf Bidang Promosi dan Kerja Sama. Pada games ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok, dimana masing-masing kelompok akan diberi tantangan untuk menyusun Puzzle Geospasial. Tidak hanya sampai disitu saja, masing-masing kelompok juga diminta mempresentasikan susunan puzzle yang telah tersusun rapih. Dengan Games Geospasial ini, diharapkan para peserta bisa mengenal Indonesia dengan lebih baik lagi.

Untuk menambah wawasan peserta tentang BIG termasuk kegiatan dan produk yang dihasilkan oleh BIG, peserta diajak untuk menyusuri Lorong Geospasial. Di Lorong Geospasial ini terdapat booth pameran dari pusat-pusat yang ada di BIG. Di Lorong Geospasial ini, selain peserta bisa melihat kegiatan dan produk yang dihasilkan oleh BIG, peserta juga diberi penjelasan mengenai hal tersebut. Pada booth pameran Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial misalnya, peserta didemokan cara untuk mengunduh peta dari Ina-Geoportal. Kemudian di booth Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, peserta diberi penjelasan bahwa BIG menyediakan Diklat Geospasial yang bisa diikuti oleh siapapun. Jadi bagi peserta yang ingin menambah ilmu misalnya tentang “Sistem Informasi geografis” bisa langsung datang ke BIG.

Masih sama dengan kegiatan kunjugan yang dilakukan pada hari sebelumnya, pada kunjungan ini peserta diajak untuk melihat secara langsung cara pengoperasian UAV (Unman Aerial Vehicle). Praktik UAV ini dilakukan di Lapangan Upacara BIG. Beberapa perwakilan peserta juga diberi kesempatan untuk mengoperasikan UAV tersebut secara langsung. Walaupun kunjungan ini diterima pada hari terakhir dari rangkaian kegiatan HIG 2017, akan tertapi peserta tetap antusias mengikuti rangkaian kegiatan. (ES)