Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Roadshow Geospasial di SMKN 5 Bandung

Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali mengadakan roadshow demi meningkatkan literasi di bidang informasi geospasial kepada para siswa sekolah menengah atas atau yang sederajat. Roadshow kali ini bukan yang pertama dilakukan BIG terhadap sekolah-sekolah sebagai sosialisasi untuk mengenalkan BIG dan informasi geospasial (IG) kepada siswa/i, calon penerus bangsa. Roadshow Geospasial dengan tema "Be Spatial to Be Special" dilaksanakan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bandung, sebagai salah satu sekolah favorit dan memiliki jurusan Geomatika yang berkaitan langsung dengan IG pada Jum'at, 15 April 2016 di Aula Serba Guna SMKN 5 Bandung.

Siswa/i SMKN 5 Bandung sebelumnya telah pernah berkunjung ke kantor BIG yaitu pada saat BIG melakukan Open House pada 13 Oktober 2015 lalu. Kunjungan ke BIG waktu itu diikuti oleh lebih dari 100 siswa/i serta guru pendamping. Kali ini BIG yang bergantian melakukan kunjungan dalam rangka Roadshow Geospasial ke SMKN 5 Bandung. Roadshow yang berlangsung selama ± 4 jam, diikuti lebih dari 90 siswa/i kelas XI Jurusan Geomatika yang dibuka oleh Dian Ardiansyah, selaku presenter atau moderator. Acara roadshow dibagi menjadi dua sesi, yaitu indoor dan outdoor. Sesi pertama dimulai dengan presentasi pengenalan IG dan Ina-Geoportal, yang dilanjutkan dengan sesi outdoor beruba demo menerbangkan UAV di lapangan. Pada kesempatan ini Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama, Sri Lestari Munajati, mewakili Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama memberikan penjelasan bahwa semua siswa/i di SMKN 5 Bandung bisa berkunjung lagi ke BIG untuk mendapatkan lebih banyak informasi daripada yang didapat pada acara roadshow kali ini, bukan hanya mengenai peta melainkan semua hal yang sesuai dengan jurusannya. Dalam penjelasannya, dikatakan bahwa semua siswa/i pasti memiliki kecerdasan geospasial,  dan kecerdasan ini perlu ditingkatkan dari waktu ke waktu, ssebagai bekal untuk menekuni profesi sebagai surveyor yang handal sesuai dengan perkembangan teknologi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Kepala SMKN 5 Bandung, Rika Wahyuni, yang mengungkapkan kesenangan hati para guru dan siswa/i atas kunjungan atau roadshow dari BIG. Selain itu, ia berharap supaya anak-anak dapat mengikuti acara dan menyimak apapun yang telah diberikan BIG agar ilmu yang diterima dapat diserap di pembelajaran atau di masa yang akan datang. Setelah memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan dan pertukaran cinderamata antar BIG dan SMKN 5 Bandung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai (PKLP) oleh Lutfi yang menjelaskan mengenai IG secara umum dan pengambilan data geospasial melalui survei terestris, laut maupun melaui wahana penginderaan jauh dari udara dan satelit. Para siswa/i terlihat antusias apalagi dengan ditambahkan demo dan video-video yang melengkapinya sesuai dengan penjelasan yang diberikan Lutfi pada roadshow pagi itu. Keseruan berlanjut dengan dilontarkan pertanyaan seputar materi presentasi kepada siswa/i. Mereka sangat antusias terlebih para siswa/i yang aktif menjawab atau mengajukan pertanyaan berhak mendapatkan souvenir menarik yang sudah disiapkan oleh BIG.

Sesi berlanjut dengan materi yang diberikan oleh Orpa dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG). Orpa menjelaskan mengenai Ina-Geoportal dan kebijakan One Map Policy, dari cara pengambilan data sampai dengan pengaplikasian langsung untuk mendapatkan peta yang telah diterbitkan BIG pada portal tanahair.indonesia.go.id yang dapat dengan mudah diakses oleh semua masyarakat dengan gratis. Pada kali ini, sama halnya dengan presentasi sebelumnya, diadakan sesi tanya jawab antar siswa/i dengan pemberi materi. Setelah sesi acara di indoor selesai, dilanjutkan sesi outdoor, dimana semua para siswa/i diajak keluar kelas menuju lapangan untuk menerbangkan UAV. UAV diterbangkan oleh Dian dan diperagakan atau dipraktikan oleh siswa/i SMKN 5 Bandung dengan membentuk formasi berbentuk tulisan "GEO 5".

Setelah acara outdoor selesai, semua siswa/i kembali ke aula untuk penutupan acara dan pemberian goodie bag. Kegiatan ini diharapkan akan bermanfaat bagi siswa/i SMKN 5 Bandung karena selain lebih dekat dengan BIG, mereka juga mendapat ilmu atau wawasan yang lebih baik mengenai IG dan dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan yang berhubungan langsung dengan ilmu geomatika serta dapat menjalin kerja sama yang baik antar pihak yang terkait.  (LN/SH).