Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

`Satu Peta, Kerja Kita, Prestasi Bangsa`

Cibinong, Informasi Geospasial – Badan Informasi Geospasial (BIG) hari ini genap berusia 49 tahun. Banyak hal telah dilakukan badan yang bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) ini dalam perjalanannya selama hampir setengah abad. Maka, tidak berlebihan rasanya jika peringatan Hari Informasi Geospasial tahun ini kami memilih tema `SATU PETA, KERJA KITA, PRESTASI BANGSA.`

Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin menjelaskan, tema `Satu Peta, Kerja Kita, Prestasi Bangsa` menggambarkan momentum untuk terus berubah. Tema tersebut sekaligus menjadi komitmen BIG menyelenggarakan IG yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu geodatabase, dan satu geoportal. Ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy).

"Kita perlu terus meningkatkan kualitas data IG dan mendukung percepatan penyediaan Peta Rupa Bumi skala besar untuk mendukung perencanaan pembangunan nasional, program pertanahan, dan rencana detil tata ruang," ucap Hasan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan HIG kali ini sengaja digelar secara sederhana, baik dari jumlah kegiatan yang dilaksanakan maupun puncak acaranya. Namun, kesederhanaan yang ada tidak mengurangi makna dan semangat BIG untuk terus bekerja dan berkarya, memberikan hasil yang terbaik dalam penyelenggaraan IG guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.

Inti dari perayaan HIG tahun ini adalah mensosialisasikan berbagai produk IG, sekaligus menunjukkan hasil kerja sama pemanfaatan IG dengan beberapa pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya. Selain itu juga menumbuhkan rasa kebersamaan antarpegawai BIG serta menimgkatkan kepedulian pada masyarakat sekitar lingkungan kantor.

Rangkaian acara HIG 2018 berlangsung pada 16-23 Oktober 2018. Berbagai kegiatan yang disiapkan, di antaranya upacara bendera, pengobatan gratis, khitanan massal, donor darah, jalan sehat, open house, kompetisi vlog, sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika hasil kerja sama dengan Badan Narkotika Nasiona (BNN), dan tentunya panggung hiburan serta seni.

Saat upacara bendera pada 17 Oktober 2018, akan diserahkan Sertifikat ISO 9001:2015. Sertifikat ini menandakan BIG telah menyelenggarakan pelayanan publik yang memenuhi Standar Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Pada kesempatan tersebut, akan diserahkan pula data kegiatan hasil kerja sama tahun 2017 dari beberapa pemerintah daerah. "Selama ini, BIG telah banyak melakukan kerja sama dengan K/L/Pemda dan Perguruan Tinggi. Pada kesempatan peringatan HIG 2018 ini, akan disampaikan sebagian data IG (berupa peta, data pasut, GCP) hasil kerja sama antara BIG dengan 14 Pemda Tingkat II dan Instani terkait lainnya," ucap Hasan.

Kepedulian warga KORPRI BIG dalam membantu korban musibah gempa bumi dan tsunami di Palu juga akan diganjar dengan sertifikat penghargaan. Terakhir, penyerahan penghargaan di bidang pengawasan.

"Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan karunia-Nya, serta memberikan kekuatan kepada kita agar dapat terus berkontribusi nyata dalam pembangunan nasional melalui penyelenggaraan IG yang handal, akurat, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses. Selamat Hari Informasi Geospasial 2018 dan Hari Ulang Tahun ke-49 Badan Informasi Geospasial," tutup Hasan.

 

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi :

Tommy Nautico

Pranata Humas Badan Informasi Geospasial

Hp. 0811-1102-480

Email: tommynautico@gmail.com

 

Sekilas tentang Badan Informasi Geospasial:

Badan Informasi Geospasial (BIG) lahir untuk menggantikan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) sebagaimana tertuang pada Pasal 22 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (IG). UU ini disetujui DPR pada 15 April 2011 dan disahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 April 2011. Lahirnya BIG ditandai dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden Nomor 94 Tahun 2011 mengenai Badan Informasi Geospasial pada 27 Desember 2011.

 BIG menjadi tulang punggung dalam mewujudkan UU tentang Informasi Geospasial untuk menjamin ketersediaan akses terhadap informasi geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan; mewujudkan penyelenggaraan informasi geospasial yang berdaya guna (efisien) dan berhasil guna (efektif) melalui kerja sama, koordinasi, integrasi dan sinkronisasi; dan mendorong penggunaan informasi geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

 Peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) dilaksanakan setiap 17 Oktober, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala BIG Nomor 42 Tahun 2015 tentang Hari Informasi Geospasial. Pencanangan HIG ini disesuaikan dengan sejarah lahirnya Bakosurtanal pada 17 Oktober 1969 sebagai momentum awal penyelenggaraan IG di Indonesia.