Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Ribuan Gambar Peta “We Love Map” 2019 Memasuki Tahap Penjurian

Cibinong, Berita Geospasial – Ajang tahunan lomba menggambar peta yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) telah memasuki tahap penjurian, lebih dari 1.000 (seribu) gambar diterima oleh sekretariat panitia lomba gambar.

Antusiasme yang cukup tinggi ini tidak lepas dari tema yang diangkat tahun ini yaitu “We Love Map” (Kita Cinta Peta). Selain itu, pemenang lomba tingkat nasional karyanya akan dikirim ke Internasional Cartography Association (ICA) di Belanda untuk mengikuti ajang Barbara Pathenic Award tahun 2019 di Tokyo, Jepang. Adapun Lomba gambar peta tahun 2019 kali ini dibagi menjadi 4 (empat) kategori peserta yakni peserta kelompok A (usia kurang dari <6 tahun) B ( usia 6-8 Tahun), C ( usia 9-12 tahun) dan D ( usia 13-15 Tahun).

Untuk tahap penilaian awal, sebanyak 1.220 gambar yang diterima BIG dinilai oleh para juri internal yang sudah berpengalaman menjadi juri di ajang lomba gambar nasional. Juri tersebut diantaranya : Priyadi Kardono (Kepala BIG 2014 – 2016), Titiek Suparwati (Sekertaris Utama BIG 2015 – 2018), Wiwin Ambarwulan (Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama BIG), Mone Iye Cornelia (Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kepala BIG), dan Guridno Bintar (Surveyor Pemetaan Madya BIG).

Sebelum memasuki tahap penjurian internal, gambar para peserta diverifikasi secara kelengkapan data administrasi oleh tim verifikasi internal. Dari proses verifikasi internal tersebut terdapat 102 gambar peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, (99 gambar tidak menyantumkan tanggal lahir, dan 3 usia melebihi batas ketentuan lomba), sehingga sebanyak 741 gambar dinyatakan memenuhi verifikasi kelengkapan administrasi untuk diseleksi oleh juri internal.

Setelah mengikuti proses penjurian tingkat internal, gambar – gambar yang terpilih nantinya akan dinilai di penjurian tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada pada tanggal 18 – 19 Maret 2019, bertempat di Bogor Jawa Barat. Pengumuman pemenang lomba gambar peta tahun 2019 sendiri rencananya akan diumumkan pada akhir bulan maret tahun 2019, dan pengiriman gambar pemenang utama (6 gambar) akan dilakukan awal april 2019 ke sekretariat ICA di Belanda, sebelum akhirnya dilombakan di ajang Barbara Pathenic Award tahun 2019 di Tokyo Jepang pada bulan Juli mendatang.

Kegiatan lomba gambar peta sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial sejak masih bernama Badan Koordinasi Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) di tahun 2003. Tujuan dari diadakannya kegiatan lomba gambar ini ialah memberikan gambaran sejak dini kepada anak – anak mengenai Informasi Geospasial, khususnya mengenai peta. (AR/LR)