Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Respon Cepat Kejadian Bencana Longsor Cisolok

Dalam merespon cepat kejadian bencana Longsor Cisolok yang terjadi pada tanggal 31 desember 2018, Tim Satuan Reaksi Cepat Badan Informasi Geospasial (SRC-BIG) segera mengidentifikasi dan mengkompilasi data dasar dan tematik untuk mengetahui kondisi medan dilapangan. Tim SRC-BIG melakukan pengolahan data untuk mendapatkan informasi sementara lokasi dan perkiraan penyebab terjadinya longsor. Selain itu untuk mempersiapkan peta kerja ketika pelaksanaan akuisisi data nanti dilakukan.
Tanggal 2 januari 2019, Tim Satuan Reaksi Cepat Badan Informasi Geospasial (SRC-BIG) menuju lokasi Longsor Cisolok yang berada di Desa Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi. Tim SRC-BIG melakukan koordinasi dengan Tim Kaji Gerakan Tanah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang di komandoi oleh Dr. Sumaryono. Tanggal 3 Januari 2019 Tim SRC-BIG mendapatkan ijin untuk melakukan pemotretan dalam rangka akuisisi data terdampak longsor. Kondisi cuaca tidak bersahabat sehingga dibutuhkan beberapa kali perekaman ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Akhirnya pada pukul 15.30 perekaman dapat diselesaikan untuk selanjutnya diproses demi mendapatkan hasil mozaik akhir.

 


Dari hasil pengamatan perekaman dan analisa data tematik di dapatkan perkiraan penyebab terjadinya longsor diperkirakan karna intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan tanah menjadi jenuh air, selain itu sifat tanah yang poros dan kemiringan lereng yang terjal juga menjadi pemicu terjadinya longsor. Berdasarkan hasil pengamatan citra sebelum terjadi longsor ditemukan penggunaan lahan di dominasi oleh lahan sawah. Terdapat sejumlah permukiman terdampak longsor, dimana permukiman ini mengumpul pada 1 (satu) titik di bagian bawah lereng. Dari hasil perhitungan citra satelit yang dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terdapat + 34 rumah yang terdampak longsor. Data dan informasi yang telah dihasilkan ini diserahkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi untuk dimanfaatkan dalam proses tanggap cepat dan rehabilitasi/ rekonstruksi.
Demikian laporan singkat pemetaan cepat terdampak longsor Cisolok yang dilaksanakan oleh TIM SRC-BIG pada tanggal 3 januari 2019.
Salam
TIM SRC-BIG

untuk hasil PDF Longsor Cisolok SBLM | Longsor Cisolok