Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

RAT ke 21 KPRI Bakosurtanal

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian, dan Anggaran Dasar Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bakosurtanal, pengurus berkewajiban menyampaikan pertanggungjawaban dalam melaksanakan tugasnya, selain itu juga menyampaikan Rencana Kerja (RK) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK) tahun berikutnya. KPRI Bakosurtanal dikukuhkan sebagai badan usaha koperasi yang berbadan hukum, sesuai Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi dan PPK Provinsi Jawa Barat Nomor 8658/BH/PAD/kwk.10/X/1997 tanggal 9 September 1997.

Terkait dengan hal tersebut Pengurus KPRI Bakosurtanal pada tanggal 5 Juni 2013 di Aula Utama Badan Informasi Geospasial (BIG) Cibinong mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 21. RAT KPRI Bakosurtanal dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Asep Karsidi. Pada sambutannya, Asep Karsidi mengatakan, kita harus semangat untuk membesarkan koperasi, tetapi harus diingat ide esensial dari Koperasi kita, yaitu dari anggota, untuk anggota serta untuk memakmurkan anggota dan kesejahteraan masyarakat.

Pada Laporannya Ketua KPRI Bakosurtanal, Sigit Murjati mengatakan, anggota KPRI Bakosurtanal sampai saat ini berjumlah 614 orang dari 628 pegawai Bakosurtanal/BIG. Jumlah Simpanan Wajib per 31 Desember 2012 sebesar Rp. 1.438.400.167 sedangkan untuk simpanan sukarela sebesar Rp.1.188.299.584,-. Laporan Keuangan tahun 2012 ini KPRI Bakosurtanal likuid dan solvabel atau dalam keadaan baik, sehingga Perwakilan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Bogor memuji PKPRI Bakosurtanal sebagai KPRI yang baik dan patut dicontoh oleh KPRI di lingkungan Kabupaten Bogor.

Rencana Kegiatan KPRI Bakosurtanal tahun buku 2013 yaitu melanjutkan kegiatan usaha tahun 2012 antara lain meningkatkan dan memantapkan kemampuan organisasi, meningkatkan mutu sumberdaya manusia, meningkatkan pelayanan koperasi dan lain sebagainya. Kegiatan pembukaan RAT KPRI Bakosurtanal ini dihadiri oleh perwakilan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Bogor dan undangan lainnya.

Oleh: Yudi Irwanto