Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Profil Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas

Dr. Ir. Mulyanto Darmawan, M.Sc.

Mulyanto Darmawan dilahirkan di Jakarta pada 12 Agustus 1964. Beliau menyelesaikan pendidikan Sarjana di Universitas Gadjah Mada, Departemen Ilmu tanah, Fakultas Pertanian UGM pada tahun 1989. Kemudian Ia melanjutkan pendidikan mengikuti program Postgraduated Course in Geographical Landscape Analysis di International Institute for Aero Space Survey and Earth Science (ITC), Belanda pada 1994 - 1995. Mulyanto juga memperoleh Master bidang Geography pada Graduate School of Environmental Science, Department of GeoScience, University of Tsukuba, Jepang pada tahun 2001. Pada tahun 2004 Mulyanto juga berhasil meraih gelar Doktor bidang Remote Sensing for global forest environmental dari Graduate School of Agricultural and Life Science, University of Tokyo Jepang.

Selain pendidikan formal mulyanto juga mengikuti berbagai training dan pelatihan bidang image processing dan analysis data satelit dalam dan luar negeri. Beliau pernah bekerja sebagai tim analisis data remote sensing di Forest and Forest Product Reserach Institute (FFPRI), Tsukuba Jepang selama 2001-2003.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas, Darmawan pernah menjabat sebagai Kepala Satuan Tugas Geospasial BRR-Bakosurtanal selama masa Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh tahun 2006-2008, Kepala Bidang Neraca Sumberdaya Alam tahun 2011-2012, Kepala Bidang Standardisasi Penyelenggaraan Informasi Geospasial tahun 2013-2014 dan Kepala Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik tahun 2014-2015.

Darmawan pernah memperoleh beberapa penghargaan diantaranya The Historical Succes Customer yang diberikan oleh Autodesk MapGuide International pada tahun 2007, Herudi Technical Committee (HTC) Award dan Standard Nasional Indonesia (SNI) Award yang diberikan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tahun 2013 dan tahun 2014.