Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Profil Deputi Bidang Informasi Geospasial Dasar

Ir. Dodi Sukmayadi, M.Sc.

Lahir di Majalengka, pada tanggal 27 Oktober 1957. Beliau menyelesaikan gelar Sarjana Teknik Geodesinya di Institut Teknologi bandung (1982). Kemudian melanjutkan Gelar Pasca Sarjana di International Training fot Aerospace Survey and Earth Sciences (ITC) di Belanda dengan Studi Fotogrametri (1988) dan merampungkan gelar Master of Science dengan Studi Map and Geoinformation Product pada Tahun 1990.

Meniti karir sebagai surveyor pemetaan di Badan Informasi Geospasial (dulu Bakosurtanal) sejak Tahun 1985. Semenjak Tahun 1990 hingga 2016 lalu, ia selalu mewakili BIG dalam beberapa konferensi tingkat internasional terkait Informasi Geospasial, sebut saja Belanda (1990), Hongkong (1991), Italia (2005), Inggris, Norwegia, Kroasia (2006) hingga Thailand (2016). Dengan sejumlah deretan negara tersebut, membuat ia membawa dirinya ke tingkatan yang lebih baik untuk mengabdi di badan Informasi Geospasial.

Pada Tahun 2012, dirinya dilantik menjadi Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG). Saat menjabat Kepala Pusat PPIG ia menorehkan prestasi diantaranya menangani kegiatan pembangunan dan operasionalisasi National Spatial Data Infrastructure (NSDI) yang diantaranya membangun NSDI Data Centre dan Portal Informasi Geospasial Nasional atau lebih dikenal Ina-GeoPortal.

Di tahun yang sama pula, pria yang memiliki hobi fotografi ini diamanahkan untuk menjabat 4 jabatan sekaligus diantaranya Plt. Deputi Bidang Infrastruktur Data Spasial (IDS), Plt. Project Management Officer (PMO) pada JICA-NSDI Development Project, Loan IP-544, Plt. Sekretaris PMO pada JICA-NSDI Dev. Project, Loan IP-544, dan Plt. Ka. Pusat Atlas dan Tata Ruang.

Semasa karirnya pun ia telah diamanahkan berbagai jabatan. Kepala Kelompok Jabatan Fungsional Pusat Pemetaan Dasar Rupabumi dan Tata Ruang, Kepala Bidang Basis Data - Pemetaan Dasar Rupabumi dan Tata Ruang, dan Kepala Pusat Sistem Jaringan dan Standardisasi Data Spasial. Di Tahun 2014, ia dilantik sebagai Deputi Bidang Informasi Dasar berdasar Keputusan Presiden RI Nomor 167/M Tahun 2013, tanggal 31 Desember 2013 saat itu Susilo Bambang Yudhoyono dan ia masih menjabat hingga kini.