Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Politeknik Negeri Sriwijaya Mengejar Ilmu ke BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Kejarlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Kalimat ini merupakan gambaran yang tepat bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk berkunjung dan menimba ilmu di Badan Informasi Geospasial (BIG).  Sebanyak 34 mahasiswa dan 3 orang dosen pendamping melaksanakan kunjungan ke kantor BIG di Cibinong (18/4). Perjalanan dari Kota Pempek tersebut tidak membuat mereka lelah dan tetap antusias untuk mendapatkan ilmu baru di BIG.

Pada kunjungan tersebut, mahasiswa Poltek Negeri Sriwijaya diterima di Ruang Kelas D Gedung Balai Diklat BIG Cibinong, oleh Hero Hombas dan tim dari Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjasama (PPPKS) sebagai perwakilan dari BIG. Materi pertama adalah pengenalan secara umum tentang Informasi Geospasial (IG) dan BIG yang diberikan oleh Luciana Retno dan Meutia Fauzia dari PPPKS BIG. Sambil memberikan paparan, diberikan juga kuis bagi para mahasiwa/i, dan bagi mahasiswa yang menjawab pertanyaan seputar BIG mendapatkan hadiah berupa souvenir dari BIG.  Selanjutnya adalah pemberian kenang-kenangan dari BIG untuk Politeknik Negeri Sriwijaya secara bergantian. Cinderamata yang diberikan oleh BIG adalah berupa Peta NKRI yang dibuat oleh BIG, beserta buku-buku geospasial.

Untuk memerikan bekal lebih detil mengenai IG, para siswa diberikan paparan teknis dari beberapa pusat teknis di BIG. Pertama adalah dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) yang diwakili oleh Dinni Sanni Hafidzah. Dinni menjelaskan tentang proses pembuatan peta rupabumi. Adapun Peta Rupabumi (RBI) adalah peta rupa dari bumi yang menampilkan sebagaian unsur-unsur alam dan buatan manusia. Unsur-unsur kenampakan rupabumi dapat dikelompokkan kedalam 7 tema (layer), yatu : Layer Tutupan Lahan (hutan, sawah, permukiman dan lain-lain, Layer Hidrografi/Perairan (sungai, danau, garis pantai), Layer Hipsografi (data ketinggian seperti titik tinggi dan kontur), Tema Bangunan (gedung, rumah, kantor dan budaya lainnya), Tema Transportasi dan Utilitas (jaringan jalan, kereta api, kabel transmisi, jembatan), Tema Batas Administrasi (batas provinsi, kabupaten, kecamatan, desa) dan Tema Toponim (nama pulau, selat, gunung dan lain-lain.

Peta Rupabumi merupakan salah satu Informasi Geospasial Dasar yang harus diacu para pengguna IG. Pemetaan Rupabumi yang dilakukan BIG melalui berbagai tahapan pekerjaan, mulai dari akuisisi data yang menggunakan foto udara, satelit dan lain-lain, kompilasi data, survei lapangan dan proses kartografi serta penyimpanan data.

Paparan kedua adalah dari dari Bidang Penelitian, Munawaroh mengenai Sistem Informasi Geospasial Tematik. Pada sesi ini menjelaskan tentang  penggunaan sistem komputer dalam pengolahan IG. Dengan menggunakan sistem ini, maka IG mudah diolah dan disebarluaskan untuk masyarakat. Sesi selanjutnya adalah demo Ina- Geoportal yang dipresentasikan oleh Nurul Hidayah dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial. Ina-Geopartal merupakan sarana untuk berbagi pakai IG dengan berbagai tema peta dari berbagai instansi, antara lain jika perlu tema hutan, maka bisa membuka informasi dari KLHK dan jika ingin membuka informasi rumah sakit maka dapat membuka dari Kemenkes dan seterusnya. Ina-Geoportal sendiri dibuat oleh BIG untuk membantu masyarakat akan kebutuhan peta.

Setelah diberikan informasi secara detil mengenai informasi geospasial, maka selanjutnya mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dibawa untuk berkunjung ke Sentra Peta BIG dan ke Laboratorium Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim. Di Sentra Peta, mahasiswa diberikan gambaran secara nyata berbagai bentuk peta yang telah dihasilkan oleh BIG selama ini, ada peta rubabumi yang telah dipresentasikan, peta lingkungan pantai, peta lingkungan laut dan berbagai atlas dalam bentuk nyata.  Setelah ke Sentra Peta, mahasiswa tersebut diajak untuk melihat cara membuat peta di Lab PPRT. Para siswa terlihat antusias dengan adanya kunjungan ini dan tentunya BIG juga berterimakasih telah diberikan kesempatan diseminasi sejak dini kepada para siswa. Dengan kunjungan ini, semoga dapat memberikan pencerahan IG bagi para mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya dan dapat menularkan ilmunya kepada teman-temannya yang belum datang ke BIG.  Sehingga pada akhirnya IG dapat semakin dikenal dan dimanfaatkan oleh semua orang. (DS/LR)