Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Perwakilan Kecamatan Loa Kuru Ikuti Diklat SIG Desktop Open Source di BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Sebanyak 24 peserta mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sistem Informasi Geografis (SIG) Desktop Open Source di Balai Diklat Geospasial Badan Informasi Geospasial (BIG) pada 4-8 Maret 2019. Peserta diklat kali ini berasal dari Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Diklat SIG Desktop Open Source ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknologi SIG untuk melakukan tugas sehari-hari. Diharapkan, setelah mengikuti diklat ini peserta memahami konsepsi dasar SIG, mampu melakukan dijitasi peta, memasukkan data atribut, serta menyajikan data geospasial dalam bentuk peta sederhana,” kata Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPKS) BIG Wiwin Ambarwulan dalam sambutannya di Balai Dikat Geospasial BIG, Cibinong, Bogor, Senin, 4 Maret 2019.

Selain itu, Wiwin juga berharap usai diklat seluruh peserta dapat membangun basis data geospasial, mengolah dan memanipulasi data geospasial, serta menyajikan Informasi Geospasial di daerahnya masing-masing.

“BIG sebagai pembina survei dan pemetaan bertugas menularkan ilmu ke peserta diklat. Selanjutnya, peserta diklat diharap dapat menularkan ilmu yang telah didapat di tempat asalnya masing-masing,” ucap Wiwin.

Acara pembukaan diklat ini juga dihadiri Camat Loa Kulu Adriansyah; Kepala Balai Diklat Geospasial BIG Sigit Murjati; Kepala Seksi Perpustakaan dan Sarana BIG Roriana Hanani; serta Kepala Seksi Materi dan Kurikulum BIG Eka Kurniawan. (JA/LR/NIN)