Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Peringati Hari Jadi ke-47, BIG Selenggarakan Khitanan Massal

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Dalam rangka perayaan Hari Informasi Geospasial ke-47 yang, jatuh pada tanggal 17 Oktober 2016, BIG menyelenggarakan Bulan Informasi Geospasial (IG) mulai dari tanggal 1-31 Oktober 2016. Bulan IG tersebut meliputi beberapa rangkaian acara yang dilangsungkan secara internal maupun eksternal. Mulai dari acara pembukaan, olah raga bersama bagi seluruh warga BIG, berbagai macam lomba yang diselenggarakan bagi umum maupun khusus warga BIG, hingga workshop geospasial.  Salah satu kegiatan yang juga ditunggu-tunggu masyarakat sekitar adalah acara khitanan massal yang diselenggarakan pada 11 Oktober 2016.

Acara khitanan massal yang dilaksanakan dalam rangka HIG tahun 2016 ini bertempat di Kantor BIG. Khitanan massal ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya, dan  dari tahun ke tahun pesertanya terus meningkat. Pada tahun 2015 diikuti oleh 25 peserta dan tahun 2016 meningkat menjadi 30 peserta. “Pada acara ini atas nama penyelenggara mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran pimpinan Badan Informasi Geospasial dan juga kepada panitia pelaksana sekaligus untuk para donatur, yang telah memberikan sumbangan biaya untuk melaksanakan acara ini, dan juga untuk ibu-ibu dharma wanita yang telah membantu acara khitanan masal, serta kepada peserta khitanan, karena tanpa peserta acara ini tidak akan terlaksana”, ungkap Enjang Faridl, selaku Ketua Panitia. Acara ini adalah bentuk kepedulian BIG terhadap warga yang berada di Cibinong, maupun yang berada disekitarnya, maka dari itu setiap tahunIG acara ini akan selalu dilakukan.

Faridl kemudian menuturkan bahwa berdasarkan data yang diterima, banyak warga sekitar yang belum mendapatkan informasi  untuk melakukan khitanan massal pada tahun ini, namun dapat mengikuti pada tahun berikutnya. Acara ini bekerja sama dengan Klinik Insani yang pada tahun lalu juga melakukan khitanan di BIG. Selain melakukan khitanan, Klinik Insani juga memberikan fasilitas dalam bentuk kontrol gratis di klinik yang berada di Cibinong dan Citeureup. Pelaksanaan khitanan ini didukung oleh 2 orang dokter dan beberapa orang perawat.

Menyusul kemudian adalah sambutan dan membuka acara khitanan massal oleh Wiwin Ambarwulan, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG. Wiwin mengungkapkan banyak terima kasih untuk Ketua Dharma Wanita BIG, Trini Hastuti dan semua panitia pelaksana.  Wiwin menambahkan bahwa setiap anak laki-laki yang beragama muslim harus melakukan khitan, terutama bagi anak-anak yang berusia  7-10 tahun. Selain itu para peserta akan diberikan sebuah bingkisan yang telah di persiapkan oleh panitia pelaksana. Semua acara yang ada adalah sebuah bentuk bhakti sosial dalam menyambut HIG tahun 2016. Selain acara khitanan massal ada beberapa acara lain yang diselenggarakan oleh BIG sebagai rangkaian HIG, yaitu Bazar dan Pengobatan Gratis.

Selanjutnya Dokter Samsan yang bertugas untuk melakukan khitan, juga memberikan beberapa arahan yaitu memberi instruksi bagi seluruh dokter dan perawat, agar tidak terjadi kesalahan dan tetap menjaga kebersihan. Dokter juga meberikan beberapa arahan kepada para peserta khitanan massal, salah satunya adalah agar tidak melakukan terlalu banyak aktivitas, serta memakan makanan yang bergizi tanpa ada pantangan sama sekali. Di akhir pembukaan juga dilakukan doa serta foto bersama dengan seluruh peserta dan seluruh warga BIG. Dengan lancarnya kegiatan ini diharapkan seluruh kegiatan BIG, terutama dalam rangka menyambut HIG tahun 2016 dapat berjalan sebaik mungkin. (AM-LR/TR)