Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Perencanaan Sangat Menentukan Keberhasilan Suatu Kegiatan

 

Cibinong, Berita Geospasial BIG -

Perencanaan merupakan fungsi yang pertama dan bahkan yang utama dalam setiap aktivitas. Perencanaan adalah dasar, landasan atau titik tolak dalam melaksanakan tindakan-tindakan. Di dalam perencanaan dirumuskan dan ditetapkan seluruh aktivitas, sebab dalam perencanaan dirumuskan dan ditetapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang : apa yang harus dikerjakan (what must be done); mengapa harus dikerjakan (why must be done); dimana dikerjakan  (where will be done); kapan akan dikerjakan (when will be done); siapa yang akan mengerjakannya (who will do it); dan bagaimana hal tersebut akan dikerjakan (how will it be done).

Suatu instansi atau perusahaan akan berjalan tanpa arah jika tidak mempunyai satu tujuan dalam kegiatannya. Pada Badan Informasi Geospasial (BIG) ada suatu bagian yang fokus khusus untuk mengurusi hal tersebut, yaitu Biro Perencanaan, Kepegawaian, dan Hukum (PKH). Pada minggu ke delapan, 27 April 2015, masa orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BIG tahun 2015, salah satu kelompok magang CPNS BIG berkesempatan untuk mengenal seberapa pentingnya hal yang bersifat non-teknis di BIG ini. Biro PKH mempunyai tugas melaksanakan penyiapan koordinasi perencanaan, penyusunan rencana program dan anggaran, evaluasi dan penyusunan pelaporan, pelayanan administrasi dan pengembangan kepegawaian, organisasi dan tata laksana, penyusunan peraturan perundang-undangan dan bantuan hukum, dan pengoordinasian jabatan fungsional. Semua kegiatan yang dilakukan di tiap unit teknis yang terdapat di BIG mengacu pada perencanaan yang telah dirancang oleh Biro Perencanaan, Kepagawaian dan Hukum (PKH).

Berlokasi di Gedung C perkantoran Badan Informasi Geopasial, para CPNS BIG yang dipandu oleh salah satu staff Biro PKH, Abdul Aziz, mereka diberi pengarahan bagaimana alur suatu perencanaan dibentuk. Perencanaan kegiatan BIG dibentuk harus sejalan dengan visi misi dari kepemerintahan yang menjabat. Pemerintah mempunyai kebijakan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang diadaptasi oleh Kementerian/Lembaga (K/L). BIG selaku K/L menerapkan RPJMN dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra) yang akan dilakukan tahun 2015 - 2019, yang dijabarkan lebih detail dalam Rencana Kerja tiap tahun. Tiap-tiap penyusunan rencana kegiatan dan kerja tersebut beriringan juga dengan penyusunan rencana anggaran oleh K/L. Rencana kegiatan K/L akan berkoordinasi dengan Bappenas sedangkan rencana anggaran berkoordinasi dengan Kemenkeu

Rencana anggaran belanja tiap tahun disusun setahun sebelum tahun anggaran. Penyusunan dibagi dalam 3 tahap, penyusunan anggaran pertama dilakukan ketika pagu indikatif sudah diumumkan oleh Kemenkeu sekitar bulan Maret-April, kemudian dilanjutkan ketika pagu definitif keluar pada bulan Juli - Agustus. Rencana anggaran dapat direvisi jika terdapat hal-hal seperti: 1) penambahan anggaran; 2) pengurangan anggaran; dan 3) hasil perencanaan tidak sesuai dengan kondisi tahun anggaran. Dengan semua rangkaian kegiatan pemagangan di Biro PKH tersebut, diharapkan para CPNS BIG mengerti bagaimana proses perencanaan business process BIG secara keseluruhan, dengan demikian suatu saat nanti para CPNS BIG bisa berkontribusi juga untuk kemajuan Badan Informasi Geospasial. (Nino/LR/TR)