Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Penguatan Budaya Organisasi “Bersama Kita Bisa, BIG Jaya”

Cibinong, Berita Geospasial BIG – Penguatan budaya organisasi yang menjadi tajuk pada sarasehan yang diselenggarakan pada 6 Oktober lalu, kini salah satunya ditindaklanjuti dengan melaksanakan Olah Raga Bersama dengan tema “Bersama Kita Bisa, BIG Jaya” pada Jumat 17 Oktober 2014 di Lapangan BIG.

Olah Raga Bersama yang diselenggarakan dalam rangka penguatan budaya organisasi tersebut, dibuka oleh Titiek Suparwati, selaku Plt. Kepala BIG sekaligus Sekretaris Utama BIG. Acara tersebut diikuti oleh seluruh staf dan jajaran pejabat BIG yang berjumlah kurang lebih 300 orang, karena masih adanya sebagian pegawai BIG yang melaksanakan kegiatan lapangan.

Penguatan budaya organisasi perlu dilakukan karena pada dasarnya masyarakat tidak bisa lepas dari suatu budaya. Budaya mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir seseorang. Budaya mengikat dalam suatu kelompok masyarakat dan menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakan keseragaman dalam berperilaku dan bertindak. Seiring berjalannya waktu, budaya juga terbentuk dalam suatu organisasi yang dipahami sebagai sistem, makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dengan organisasi lainnya. Budaya organisasi meliputi segala peraturan, larangan, dan nilai-nilai yang terkandung dalam suatu organisasi.

Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan instansi pemerintahan yang tentunya memiliki budaya organisasi. Budaya organisasi tersebut tertuang dalam nilai-nilai/values BIG yang meliputi Integritas, Visioner, Tanggung Jawab, dan Kerja Sama. Nilai itu selanjutnya disingkat menjadi INVITAMA, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Kepala BIG Nomor 21.3 Tahun 2012 tentang Nilai-Nilai (Values) pada BIG.

Sebelum memulai Olah Raga Bersama, Titiek mengajak para peserta untuk bersama-sama meneriakkan INVITAMA sebagai manifestasi values BIG, dan bersama-sama melakukan gerakan tangan values BIG yang diikuti oleh seluruh peserta. Titiek kemudian menyampaikan bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sarasehan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Kegiatan olah raga senam bersama pada 17 Oktober ini sekaligus untuk mengenang sejarah awal berdirinya Lembaga Pemetaan di Indonesia. Saya harap melalui kegiatan ini kita semakin mengetahui dan mengenal sejarah perkembangan lembaga ini” ujar Titiek. Ia juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan oleh raga bersama ini dapat terus berjalan dan menjadi salah satu media untuk saling berinteraksi di antara anggota BIG, dalam rangka mewujudkan keluarga besar BIG yang harmonis dan solid.

Titiek juga tak lupa menegaskan pentingnya kedisiplinan. Mengingat BIG telah melakukan Reformasi Birokrasi, maka seluruh pegawai BIG perlu menerapkan sikap disiplin pada berbagai tugas dan tanggung jawabnya. “Semoga kegiatan awal penguatan budaya organisasi ini dapat menjadi modal berharga dalam mewujudkan BIG yang solid, harmonis, dan berjaya sehingga mampu menata Indonesia yang lebih baik!” ungkap Titiek sekaligus memulai rangkaian kegiatan hari itu.

Sebagai wujud peringatan berdirinya Lembaga Pemetaan Indonesia, dilakukan pelepasan burung dara dan penerbangan balon oleh para Pejabat Eselon I dan II BIG. Hal itu dilakukan sebagai perlambang harapan bahwa BIG yang semakin jaya dan terbang tinggi di angkasa. Tak lama setelahnya acara puncak Olah Raga Senam Bersama pun dimulai, semua staf dan pejabat BIG dengan semangat mengikuti gerakan instruktur senam. Dengan badan yang sehat, tentu akan semakin mudah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Mari menjaga kesehatan jiwa dan badan kita. Bersama Kita Bisa, BIG Jaya. Mens sana in corpore sano, artinya a healthy mind in a healthy body, atau dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat. (LR/TR).