Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pencanangan Hari Informasi Geospasial Tahun 2015

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Bertepatan dengan Hari Jadi BIG ke-46, pada Sabtu, 17 Oktober 2015, Kepala BIG Priyadi Kardono dan Kepala BMKG, Andi Eka Sakya bersama Rektor Unsyiah dan Unila serta perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beserta perwakilan dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, memukul kendang bersama menandai Pencanangan Hari Geospasial Nasional ke-46 Tahun 2015.

Pencangan tersebut dilaksanakan di Aula Utama Kantor BIG Cibinong bersamaan dengan kegiatan Penandatangan Naskah Kerja Sama BIG dengan berbagai Instansi.  Pelaksanaan pencanangan tersebut disaksikan oleh para undangan yang terdiri dari Perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi/Kabupaten, Akademisi serta Para Pejabat di lingkungan BIG serta para pegawai BIG.  Penyelenggaraan Pencanangan Hari Informasi Geospasial  didasarkan pada Keputusan Kepala BIG No. 42 Tahun 2015 tentang Hari Informasi Geospasial tertanggal 26 Agustus 2015 lalu. Hari Informasi Geospasial akan diperingati pada setiap tanggal 17 Oktober dengan melaksanakan upacara dan berbagai kegiatan. Penetapan tanggal 17 Oktober berdasarkan pada hari lahirnya Bakosurtanal pada tahun 1969.

Dengan berubahnya Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) menjadi Badan Informasi Geospasial (BIG) maka tugas-tugas BIG menjadi jauh lebih besar dan lebih berat daripada tugas Bakosurtanal. Salah satu tugas dari BIG yang harus diselesaikan adalah penyiapan peta dasar mulai dari skala 1:1.000.000 hingga skala 1:1000. Peta-peta tersebut digunakan sebagai dasar untuk pemetaan tematik dalam rangka pembangunan nasional, demikian dikatakan Kepala BIG Priyadi Kardono.  

Kegiatan Pencanangan Hari Informasi Geospasial  merupakan Puncak Acara dari rangkaian peringatan HUT BIG ke-46. Pada sambutannya Kepala BIG mengatakan, berawal dari Sidang International Cartographic Association (ICA) agar instansi pemerintah berkaitan dengan informasi geospasial tahun 2016 memperingati sebagai Tahun Peta Internasional (International Map Year) atau Tahun Informasi Geospasial di Indonesia.  Untuk itu BIG sebagai penyelenggara dan pembina informasi geospasial di Indonesia kemudian mencanangkan Hari Informasi Geospasial tanggal 17 Oktober 2015 ini. Pencanangan Hari Informasi Geospasial pada tanggal tersebut disesuaikan dengan sejarah lahirnya Bakosurtanal atau yang lahir tanggal 17 Oktober 1969 sebagai momentum awal dalam penyelenggaraan informasi geospasial di Indonesia.  Semoga dengan pencanangan Hari Informasi Geospasial, BIG semakin Jaya dan semakin berguna bagi masyarakat luas. Selamat Hari Informasi Geospasial ke-46 Tahun 2015.  (YI/TR)