Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pameran BIG dalam Rangka Hari Bumi 2013 di Kota Bandung

Kepedulian generasi muda terhadap lingkungan tampak mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan. Hal ini terbukti dengan diadakannya rangkaian kegiatan “Save Our Earth 2013” dalam rangka Hari Bumi pada 24 April 2013 yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan cinta bumi bagi generasi muda yang bertema “Green Earth For Better Sustainable Resources”. Kegiatan ini merupakan kerjasama ITB dengan Kementerian Kehutanan, Kementerian Energi dan Pertambangan, Pemprov Jawa Barat dan BIG tentunya.

Rangkaian kegiatan yang diadakan berupa Gowes “Peduli Bumi”, parade hari bumi, seminar dan pameran hari bumi “Peduli Citarum” dan lain sebagainya. BIG sebagai penyelenggara Informasi Geospasial (IG) ikut berpartisipasi dalam Pameran Hari Bumi “Peduli Citarum” yang diselenggarakan di CFD (Car Free Day) Jalan Dago Bandung pada Hari Minggu 21 April 2013. Lokasi ini dipilih karena pada tiap Hari Minggu pukul 06.00 WIB – 10.30 WIB diadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Wilayah ini.

Stand Pameran BIG terletak di tempat yang cukup strategis. BIG menampilkan Produk atau aplikasi Ina-Geoportal, dimana pengunjung dapat membuka, mencari atau membuat aplikasi peta atau informasi geospasial serta dapat berbagi pakai data dan informasi geospasial. Selain itu juga ditampilkan produk-produk BIG lainya berupa buku-buku atau atlas dan lain-lain. Cukup banyak masyarakat Kota Bandung yang berkunjung untuk bertanya tentang apa itu BIG atau sekedar melihat-lihat produk-produk surta dan aplikasi Ina-GeoPortal. Masyarakat pengunjung stand BIG antusias untuk mengetahui dan tentunya mendapatkan produk-produk BIG.

Pameran Hari Bumi 2013 di Jalan Dago Bandung diisi pameran foto bertema lingkungan, hiburan, orasi mahasiswa dan penjelasan dari tiap stand pameran. Perwakilan dari BIG menjelaskan tentang profil BUG, Aplikasi Ina-GeoPortal sebagai sarana untuk berbagi pakai IG dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan BIG. Khusus untuk yang terkait dengan “Hari Bumi”, BIG telah mengadakan Ekspedisi Geografi Indonesia (EGI) selama 9 (Sembilan) hari (6-15 April 2013). EGI 2013 menjelajahi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melewai DKI Jakarta yaitu: DAS Ciliwung, Cikeas dan Cisadane, serta Pesanggrahan dengan mensurvei dan meneliti 3 (tiga) aspek: Abiotik, Biotik dan Culture (ABC).

Oleh: Agung TM