Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Open House BIG 2015 Hari Kedua Diramaikan 235 Siswa SMKN 5 Bandung dan SMA Geo-Informatika Bogor

Cibinong, Berita Geospasial BIG – Indonesia sebagai negara yang menganut budaya ketimuran memiliki banyak tradisi yang patut dilestarikan dan dijaga. Salah satunya adalah tradisi untuk membuka tempat tinggal/rumah sebagai tempat untuk berkunjung dan belajar yang berada di luar rumah (outdoor), atau sering disebut dengan mengadakan open house. Tidak hanya rumah-rumah saja yang mengadakan open house, namun juga kantor dan pemerintahan turut menyelenggarakan open house. Kali ini Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali menyelenggarakan “Open House” dengan mengundang berbagai macam sekolah untuk mengunjungi Kantor BIG.

Open House hari kedua pada 13 Oktober 2015 diramaikan oleh 235 siswa-siswi yang berasal dari SMK Negeri 5 Bandung dan SMA Geo-Informatika, masing-masing adalah 110 siswa-siswi termasuk guru pendamping dan 125 siswa-siswi termasuk guru pendamping.  Open house ini diselenggarakan dalam rangka Pencanangan Hari Informasi Geospasial (HIG) yang ke-46 yang jatuh pada tanggal 17 Oktober 2015.  Open house berlokasi di lingkungan Kantor BIG ini terselenggara atas kerja sama antara Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS) dengan 11 unit teknis lain yang ada di BIG.

Para peserta open house tersebut terbagi ke dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Pada sesi pagi, para siswa-siswi dari SMKN 5 Bandung berkesempatan untuk mengunjungi BIG terlebih dulu. Rombongan disambut oleh Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG Sri Lestari Munajati.  Dijelaskan oleh Lestari bahwa open house ini dilakukan setiap tahun dan BIG membuka diri untuk menerima berbagai kunjungan dari berbagai pihak.  BIG atau Badan Informasi Geospasial merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang mempunyai tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial.  “Adik-adik nanti dapat belajar proses bisnis yang dilakukan BIG, mulai penyelenggaraan Informasi Geospasial Dasar (IGD), kemudian Informasi Geospasial Tematik (IGT) dan sebagai muaranya adalah Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) serta sebagai pendukung semua kegiatan tersebut yaitu Sekretariat Utama.  Semua disajikan dalam infografis secara berurutan”, terang Lestari.  Kemudian secara lebih detil proses bisnis tersebut dijelaskan oleh Yudi Irwanto, dari PPPKS BIG yang berperan sebagai pemandu dan narasumber pada hari itu.

Panggung kecil di Aula Utama BIG disulap menjadi ruangan video, dimana pada lokasi tersebut para siswa-siswi bisa melihat video yang telah disediakan panitia. Bermacam-macam video dapat disaksikan oleh para peserta, antara lain video perkembangan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari masa ke masa, video tentang IG, video berbagai macam survei yang pernah dilakukan BIG, video tentang atlas taktual, serta video company profile BIG. Disediakan pula display peralatan survei BIG, serta produk BIG, antara lain seperti globe taktual, Global Positioning System (GPS), bentuk stasiun pasang surut, patok untuk penentuan batas wilayah negara, serta pesawat tanpa awak/unmanned aerial vehicle (UAV) yang sering digunakan BIG untuk mengambil foto udara, sebagai dasar dalam pembuatan peta BIG.

Dikarenakan jumlah peserta yang cukup banyak, maka peserta pun dibagi dalam 3 kelompok, sesuai dengan lokasi yang dituju dan disediakan untuk open house. Kelompok 1 terdiri atas 25 orang diajak untuk mengunjungi Data Center BIG, yang terletak di Gedung D BIG. Sementara kelompok 2 yang juga terdiri atas 25 orang diajak untuk mengunjungi Sentra Peta BIG. Sementara sisanya menunggu giliran di Aula Utama BIG dengan melihat video yang telah disediakan panitia secara bergantian dikarenakan terbatasnya ruangan. Pada kesempatan itu dibagikan juga kuesioner kepada para peserta yang harus diisi, dimana jawaban untuk kuisioner tersebut telah tersedia di dalam infografis yang terpasang di sepanjang Aula Utama BIG. Untuk para siswa-siswi yang telah selesai mengisi kuesioner dapat menukarkan dengan souvenir yang telah disediakan panitia. Souvenir yang disediakan berupa pin dan bolpoint BIG. Peserta terlihat antusias, terlihat seluruh peserta mengisi kuesioner dengan bersemangat dan berbondong-bondong menukarkannya dengan souvenir di meja registrasi.

Setelah selesai melakukan kunjungan ke Data Center dan Sentra Peta, para siswa-siswi kemudian menuju lapangan bola BIG untuk melakukan praktik menerbangkan pesawat UAV yang telah disediakan, yang dipandu oleh perwakilan Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. Para siswa-siswi kemudian membuat formasi/bentuk di lapangan sesuai arahan dari pemandu. Mereka diajak untuk membuat bentuk HUT BIG, sesuai dengan tujuan diadakannya open house ini yaitu dalam rangka menyambut Hari Jadi BIG yang ke-46. Kegiatan ini sekaligus menutup open house sesi pertama pada hari itu. Para peserta terlihat gembira mengikuti kegiatan yang telah disediakan panitia, dan berharap dapat datang lagi di kesempatan berikutnya.

Rangkaian open house tidak berhenti sampai disitu saja, karena pada siang harinya dimulai sesi kedua open house BIG. Sekitar pkl 13.00 para peserta dari SMA Geo-Informatika mulai terlihat memenuhi Kantor BIG, Cibinong. Para siswa-siswi beserta guru pendamping berkumpul di Aula Utama BIG untuk mengikuti kegiatan open house yang telah dipersiapkan. Sama seperti sebelumnya para peserta juga berkumpul di Aula Utama BIG terlebih dulu untuk mendapatkan penjelasan dari Yudi Irwanto, perwakilan PPPKS BIG mengenai tugas pokok dan fungsi BIG. Tak lupa peserta juga mendapatkan kuesioner yang bisa diisi dan ditukarkan dengan souvenir di meja registrasi.

Setelah itu peserta yang juga terbagi dalam 3 kelompok kembali melakukan kunjungan ke Data Center dan Sentra Peta BIG secara bergantian. Sementara peserta yang tersisa di Aula Utama BIG melihat video yang telah disediakan panitia. Untuk sesi akhir, peserta kembali berkumpul di lapangan olahraga BIG untuk mengikuti praktik menerbangkan pesawat UAV. Peserta juga diajak untuk membuat formasi di lapangan menjadi bentuk huruf HUT BIG. Para siswa-siswi terlihat bersemangat dan ceria mengikuti rangkaian kegiatan yang disediakan BIG. Setelah kurang lebih 2 jam mengunjungi BIG, acara open house pun diakhiri. Diharapkan melalui kegiatan ini para siswa-siswi menjadi semakin kenal dengan IG dan BIG, serta tugas dan produk yang dihasilkan BIG. Sehingga nantinya mereka juga tertarik untuk menggeluti dunia IG, ataupun menggunakan IG dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang mereka lakukan nantinya bila sudah bekerja. Karena masa depan bangsa Indonesia ini berada di tangan mereka. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menyediakan pendidikan dan pengetahuan yang sebanyak mungkin bagi mereka. Tak lupa di tahun ke-46 ini semoga BIG semakin jaya dan maju dalam mengembangkan IG menuju Indonesia yang lebih baik. (LR/TR)