Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

MTQ Ke-III KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2016 Berakhir

Setelah berlangsung sepekan lebih Musabaqah Tilawatil Qurán (MTQ) ke-III KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2016 secara resmi ditutup oleh Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo, Sabtu malam 19 Nopember 2016, bertempat di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Centre Samarinda Kalimantan Timur. Di tempat yang sama seminggu lalu pesta pembukaan sebagai tanda dimulainya musabaqah Qurán bagi PNS/ASN setiap dua tahunan. Di dalam kompleks Islamic Centre ini pula digunakan  sebagai arena utama  musabaqah beberapa cabang yaitu : Tilawah, tartil dan khath (kaligrafi). Adapun lomba dakwah qurán berlangsung di Kantor Gubernur Kalimantan Timur, sedangkan lomba hafal qurán (hifzh) dilaksanakan di gedung Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Timur. Menteri Dalam Negeri  yang juga sebagai Pembina harian KORPRI Nasional dalam sebelum menutup dengan resmi menyampaikan beberapa harapannya antara lain:

1.    MTQ KORPRI harus ada kelanjutannya ke – IV dan seterusnya, jangan hanya berhenti sampai disini.
2.    Baik buruknya pelayanan masyarakat tergantung dari KORPRI, maka dari itu pembentukan abdi Negara dan abdi pemerintah harus jadi faktor utama KORPRI.
3.    KORPRI harus berinovasi dalam membangun pemerintah yang bersih
4.    KORPRI harus mengedepankan akhlak yang mulia
5.    Jalin silaturahmi yang harmonis persaudaraan antar sesama anggota KORPRI
6.   Sebagai manusia yang cinta damai harus meluruskan kepada orang yang mencaci maki, menghina karena semua itu kewajiban sebagai orang muslim yang berahlak mulia.

MTQ ke III KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2016 mengusung tema “ Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran KORPRI Sebagai Aparatur Sipil Negara yang Bersih Berwibawa dan Bermartabat sesuai Tuntunan Al Qurán Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”. Diikuti oleh 30 Provinsi dan 21 Kementerian / Lembaga, termasuk Badan Informasi Geospasial (BIG) yang selalu mengirimkan kafilahnya sejak pertama kali diselenggarakan MTQ KORPRI di Makasar Sulawaesi Selatan Tahun 2012. Cabang yang dilombakan pada MTQ Tahun 2016 semakin bertambah jika dibandingkan MTQ ke II di Banda Aceh Tahun 2014 lalu, yakni adanya cabang Daí Qurán dan Hifzh Qurán untuk 10 Juz, disamping cabang lainnya seperti : tilawah putra (i), Tartil putra (i), Hifzh 3 Juz plus dan Hifzh 5 Juz plus putra (i), Khath (kaligrafi) dekorasi dan kontemporer putra (i) serta Daiýah (dakwah putri).

Kafilah BIG pada MTQ ke III KORPRI tingkat Nasional Tahun 2016, mengikuti 4 cabang yang dilombakan yakni :
•    Enjang Faridl, pada cabang Dakwah Qurán
•    Sumaryono, pada cabang Tartil Qurán
•    Abdul Jamil, pada cabang Tilawah Qurán
•    Diah Faradia, pada cabang Kaligrafi kontemporer.

Sebelum penutupan diumumkan sebagai juara umum MTQ ke III KORPRI tingkat Nasional Tahun 2016 adalah Provinsi Sulawesi Tenggara dan berikut peringkat 10 besar juaranya :
1.    Provinsi Sulawesi Tenggara
2.    Provinsi Sumatera Utara
3.    Provinsi Aceh
4.    Provinsi Banten
5.    Provinsi Jawa Timur
6.    Provinsi NTB
7.    Provinsi Sulawesi Selatan
8.    Provinsi Sumatera Barat
9.    Provinsi Jambi
10.  Provinsi Riau.

Adapun penyelenggaraan MTQ ke – IV KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018, telah ditetapkan di Provinsi Jawa Timur, dan dua tahun berikutnya tepatnya tahun 2020 di Provinsi Gorontalo.(MY)