Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Mengenal Informasi Geospasial Sejak Dini

Berita Geospasial, Cibinong – Dalam rangka memeriahkan acara Hari Informasi Geospasial tahun 2017, BIG menerima berbagai kunjungan dari sekolah-sekolah, mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas. Salah satu sekolah yang berkunjung ke BIG adalah SDN Puspanegara Citeureup. Kunjungan ini dilakukan pada 24 Oktober 2017. Kunjungan yang bertujuan untuk memperkenalkan informasi geospasial ini diterima di Masjid Al-Indrisi oleh Agung Teguh Mandira, staf Bidang Promosi dan Kerja Sama. Adapun peserta yang diterima oleh BIG adalah sebanyak 66 orang.

Tidak sama dengan kunjungan yang biasa dilakukan sebelumnya, kunjungan kali ini tidak hanya dikemas dalam bentuk pemberian materi presentasi saja, tetapi juga diberikan dalam bentuk Games Geospasial. Games Geospasial yang diberikan antara lain Puzzle Geospasial dan Ular Tangga. Pada Games Puzzle Geospasial ini, peserta dibagi dalam beberapa kelompok dimana masing-masing diberikan potongan puzzle yang jika disusun menggambarkan pulau tertentu di Indonesia, misalnya Pulau Sumatera. Setelah puzzle tersusun kemudian masing-masing kelompok diminta untuk menjelaskan pulau apa yang terbentuk dari puzzle tersebut dan menjelaskan informasi sebanyak-banyaknya yang diketahui peserta berkaitan dengan pulau terebut.

Yang menarik juga dari kunjungan kali ini adalah peserta diajak untuk mengenal BIG lebih dekat dengen menyusuri Lorong Geospasial. Sepanjang Lorong Geospasial ini, terdapat booth dari masing-masing pusat yang ada di BIG. Booth dari masing-masing pusat tersebut berisikan materi baik berbentuk poster, buku-buku dan materi pameran lainnya yang menggambarkan kegiatan yang menjadi tugas dari pusat tersebut. Misalnya di Booth Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim terdapat Komputer yang biada digunakan untuk melakukan stereoplotting. Kemudian di Booth Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai terdapat pesawat UAV (Unman Aerial Vehicle) yang biada digunakan untuk melakukan pemetaan tematik. Untuk menarik perhatian peserta kunjungan, beberapa booth juga memberikan pertanyaan kepada peserta kunjungan dan memberikan hadiah bagi peserta yang bisa menjawab.

Lebih lengkap lagi, BIG kali ini juga memberikan materi tentang UAV dan mempraktikan langsung cara pengoperasian UAV di depan peserta kunjungan. Beberapa peserta juga diberikan kesempatan untuk mengoperasikan UAV secara langsung. Dalam sesi ini, peserta diarahkan untuk membentuk formasi tertentu untuk diambil gambarnya menggunakan UAV.

Sebagai kenang-kenangan, peserta dipersilahkan untuk berfoto di Photo Booth yang sudah disiapkan oleh Tim Penerima Kunjungan, dan foto tersebut kemudian dicetak untuk dibawa ke sekolah. (ES)