Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Masa Orientasi CPNS BIG 2018 Resmi Dibuka

Cibinong, Berita Geospasial – Badan Informasi Geospasial telah mengumumkan hasil akhir penerimaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2017 (CPNS 2017). Sebanyak 67 orang dinyatakan lolos seleksi penerimaan CPNS 2017 BIG dan berhak untuk melakukan registrasi ulang.  Nantinya, ke-67 CPNS tersebut akan menempati beberapa formasi jabatan yang telah disediakan. Untuk itu maka pada Kamis, 1 Februari 2018 Mara Orientasi CPNS BIG 2018 resmi dibuka.

Berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas Nomor: B/659/S.SM.01.00/2017 tanggal 27 November 2017 perihal Penyampaian Hasil Integrasi Nilai Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang Pengadaan CPNS Tahun 2017, bahwa peserta yang dinyatakan lolos seleksi akhir CPNS 2017 BIG adalah yang diberi tanda lolos pada kolom keterangan. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akhir CPNS 2017 BIG adalah peserta yang memenuhi persyaratan dan sesuai dengan surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai, mengikuti seluruh tahapan seleksi, serta memenuhi peringkat sesuai formasi yang telah ditetapkan berdasarkan hasil integrasi nilai SKD dan SKB yang dilakukan oleh Panselnas.

Pembukaan orientasi ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dilakukan oleh Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum, F. Wahyutomo yang didampingi Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi, Sigit Murjati dan Kepala Subbagian Organisasi dan Tata Laksana, Arini Fadhilah. Dalam sambutannya, Wahyutomo menyampaikan selamat telah bergabung di Badan Informasi Geospasial dan mengingatkan bahwa para CPNS BIG yang baru untuk hendak memiliki identitas PNS BIG. “Kalau ditanya saya siapa, gak bisa bilang saya Adi, saja. (Harusnya) Saya Adi, PNS BIG. Saya berada di mana? Bukan di Jakarta, atau Jogja, atau suku Saudara. Tapi Saya Adi, PNS di BIG. Kalau misalnya ditanya gitu pas di imigrasi, bisa bilang kalau Saudara adalah Pegawai Negeri Sipil dari Badan Informasi Geospasial. PNS itu hebat, bermartabat”, tuturnya.

Masa orientasi CPNS BIG 2018 ini pun dibuka secara resmi pada pukul 13.00 WIB oleh Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin. Pada kesempatan tersebut, Kepala BIG juga memberikan materi mengenai peran Informasi Geospasial untuk Pembangunan Indonesia.  Hasanuddin, memaparkan bahwa banyak sekali fungsi dan peran BIG dalam pembangunan. Pembangunan tidak terlepas dari perlunya data spasial. “Sekarang itu kan lagi direncanakan Big Data, ya isinya ada data statistik dari BPS, kalau data spasial dari BIG, satu lagi dari pihak lainnya. Nah data ini akan disinkronkan untuk pembangunan jangka panjang terutama infrastruktur pembangunan termasuk infrastruktur informasi geospasial.  Infrastruktur sudah semestinya tersebar hingga pelosok negeri”, ujar Profesor Geodesi itu.

Usai sesi materi dari Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin, dilakukan sesi foto bersama seluruh CPNS BIG yang baru dan eselon I-III BIG, setelah sebelumnya dilakukan penyematan kartu identitas CPNS yang disematkan oleh Titiek Suparwati selaku Sekretaris Utama BIG didampingi Kepala BIG. (ME/TR)