Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Masa Orientasi CPNS 2019 – Seminar Lingkungan

Cibinong, Berita Geospasial - tanggal 27 Maret 2019, Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum (PKH) Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali mengadakan seminar untuk 50 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BIG bertempat di Aula Gedung S, Kantor BIG, Cibinong. Dalam rangka pembekalan Orientasi CPNS BIG Tahun 2019, seminar kali ini membahas mengenai Lingkungan terkait Pengelolaan Sampah.

Sebelum seminar dimulai, panitia mengadakan team building yang bertujuan untuk memperkuat hubungan solidaritas antar CPNS. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyanyikan Mars BIG.

“Semoga bisa diimplementasikan sehari-hari dan dipakai sampai anak cucu, karena bumi kita itu bukan milik kita tetapi milik anak cucu kita nanti”, tutur Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi BIG, Abdurasyid saat sambutan sekaligus membuka acara.

Melihat permasalahan lingkungan di Indonesia yang kualitasnya semakin menurun, Waste4Change ingin menyatukan pikiran CPNS BIG tahun 2019 untuk dapat bertanggung jawab secara bijak mengelola sampah di lingkungan sehari-hari. Hal itu dikarenakan sampah yang diproduksi juga bisa bermanfaat untuk dipakai kembali. Setelah pembahasan materi mengenai Pengelolaan Sampah, CPNS BIG tahun 2019 kemudian melakukan praktek langsung membuat Eco Brick dari botol plastik bekas yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

“BIG banyak bekerjasama dengan pemerintah daerah, lembaga dan swasta. Saya ingin bekerjasama dengan BIG terkait pemetaan karena pekerjaan yang kami lakukan berhubungan dengan lokasi wilayah di Indonesia untuk pemetaan sampah”, ujar Alumni Teknik Lingkungan ITB dari PT. Wasteforchange Alam Indonesia, Muhammad Bijaksana Junerosano, yang merupakan narasumber pada hari itu.

Harapannya, dengan adanya seminar ini bisa lebih mempopulerkan gaya hidup hijau dalam budaya keseharian, sehingga peningkatan kualitas lingkungan secara langsung dan nyata dapat terwujud. (KA/LR)