Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Mahasiswa Unand Belajar IG ke BIG

(Cibinong, berita Geospasial) - Kamis pagi, 3 Mei 2018, Badan Informasi Geospasial (BIG) menerima kunjungan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat. Kunjungan ke BIG ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk menjelaskan tugas dan fungsi serta  produk yang dihasilkan BIG dari akar ke daun kepada banyak pihak yang tertarik dan mengenal lebih jauh khususnya ilmu dan teknologi informasi geospasial.

Rombongan yang berjumlah 68 orang ini diterima oleh tim penerima kunjungan dari Bidang Promosi dan Kerjasama Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama  BIG di Gedung C lantai 1. Mengawali acara, Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama, Sri Lestari Munajati menyambut kedatangan rombongan. Pada sambutan selamat datang, Sri Lestari mengatakan, BIG menerima kunjungan dari banyak pihak terutama dunia pendidikan sebagai sarana untuk mengenalkan BIG itu apa kepada masyarakat.

Selanjutnya, mahasiswa dari jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unand ini kemudian diberi penjelasan tentang “Mengenal Proses Pembuatan Peta Rupabumi Indonesia” oleh Tika Nurhasanah dari Pusat Pemetaan Ruapabumi dan Toponim (PPRT), materi tentang “Mengenal Pemetaan Lahan Baku Sawah” oleh Widya Pamungkas dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) dan materi tentang “Mengenal Aplikasi Jaringan Informasi Geospasial Nasional” oleh Wendra dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG).  

Tema-tema presentasi yang memang terkait juga dengan jurusan kuliahnya membuat mahasiswa Unand ini menyimak setiap penjelasan. Untuk mengenal lebih jauh tentang proses pembuatan peta RBI, tim penerima kunjungan dari BIG mengajak mahasiswa Unand berkunjung ke dapur pembuatan peta dasar BIG, yakni PPRT. (ATM)