Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Mahasiswa Program S2 Universitas Sebelas Maret Bertandang ke BIG

Berita Geospasial, Cibinong - Menjadi satu-satunya penyelenggara Informasi Geospasial (IG) di Indonesia, membuat Badan Informasi Geospasial (BIG) menjadi tempat yang paling tepat untuk mencari tahu lebih dalam tentang IG. Tak ayal, banyak instansi atau lembaga pemerintahan, perguruan tinggi, hingga siswa sekolah pun bertandang ke BIG untuk mengetahui lebih jauh tentang IG maupun tentang BIG. Tak terkecuali para Mahasiswa Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) Program Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Lingkungan Hidup Universitas Sebelas Maret Surakarta pun mengunjungi BIG pada Rabu, tanggal 1 Juni 2016, bertempat di Auditorium BIG Gedung S lantai 2.

Kunjungan tersebut dilaksanakan sehubungan dengan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang diadakan oleh universitas. Kunjungan yang dihadiri oleh kurang lebih 18 orang ini dibuka oleh perwakilan dari Bidang Promosi dan Kerja Sama, Sri Hartini, dari Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPKS) BIG. Sebelumnya, seorang perwakilan dari peserta kunjungan yang hadir, Gentur D. A., memberikan sambutannya. Ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada BIG karena telah menerima kedatangan mereka dalam rangka kunjungan kali ini. Ia juga mengatakan harapannya untuk mengenal lebih jauh tentang IG, dan hubungannya dengan PKLH, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai referensi pembelajaran.

Materi pertama adalah pengenalan tentang BIG yang dibawakan oleh Sri Hartini dari PPKS. Hartini menjelaskan bahwa fungsi dan tugas pokok dari BIG adalah menyelenggarakan IG Dasar, sementara untuk penyelenggaraan IG Tematik bukan tanggung jawab utama BIG. Tidak hanya itu, Hartini juga memberikan penjelasan lebih dalam lagi seputar BIG dan kiprahnya. Berlanjut pada presentasi berikutnya yang dibawakan oleh Elok Lestari Paramita dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG. Elok memaparkan tentang proses pembuatan peta Rupabumi Indonesia (RBI) yang dikerjakan oleh BIG. Peserta kunjungan tampak antusias memperhatikan penjelasan dari Elok. Di akhir presentasI, beberapa peserta pun aktif memberikan pertanyaan seputar pembuatan peta RBI.

Disusul kemudian adalah presentasi tentang proses pengolahaan Citra Digital yang dibawakan oleh Ircham Habib Anggara dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. Kemudian dilanjutkan oleh Murdaningsih dari Pusat Penyebaran dan Pengelolaan Informasi Geospasial (PPIG) BIG yang menjelaskan tentang Citra Satelit Resolusi Tinggi dan penjelasan tentang Ina-Geoportal. Presentasinya diakhiri dengan demo penggunaan Ina-Geoportal, mulai dari cara mengakses, hingga mendownload peta dari website Ina-Geoportal. Hal tersebut tentunya memudahkan para peserta kunjungan yang ingin menggunakan produk Ina-Geoportal BIG ke depannya.

Acara kunjungan hari itu diakhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Program S2 Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Pascasarjana Universitas Sebelas Maret dengan BIG. Kemudian seluruh peserta dan narasumber yang hadir pun berfoto bersama sebagai kenang-kenangan, sebelum melanjutkan kunjungan ke PPRT BIG untuk melihat secara langsung dan mempelajari proses stereoplotting. Para peserta kunjungan terlihat sangat antusias saat mempelajari tentang stereoplotting dan mempraktekkan secara langsung dengan dipandu oleh staff dari PPRT. Melalui kunjungan ini diharapkan selain untuk menambah pengetahuan mahasiswa, juga sebagai perwujudan pelaksanaan tugas BIG terkait pembinaan IG di Indonesia. (RQ/LR)