Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kunjungan Kerja MGMP Geografi SMA Kabupaten Cirebon

Cibinong, Berita Geospasial – Pada 28 September 2017, sebanyak 30 orang guru dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi SMA Kabupaten Cirebon berkunjung ke kantor Badan Informasi Geospasial. Maksud dan tujuan dari bapak ibu guru ini adalah mempelajari bagaimana Sistem Informasi Geografis. Pada kunjungan ini, mereka mendapatkan paparan materi tentang pembuatan peta rupabumi, pengenalan sistem informasi geografis inderaja dan pengenalan Ina-Geoportal. Rombongan MGMP Geografi Kabupaten Cirebon diterima di Ruang Aula Utama BIG.

Acara ini dipandu oleh Akbar Hiznu Mawanda, yang moderator Kunjungan kali ini. Selanjutnya, Akbar memberikan presentasi tentang profil, sejarah dan apa saja yang dikerjakan oleh BIG. Guru yang berkunjung beberapa diantaranya antusias menjawab pertanyaan yang diajukan Akbar. Ada yang bertanya tentang pemetaan sampai bertanya tentang panduan alat pemetaannya.

Setelah itu rombongan MGMP Geografi Kabupaten Cirebon dibagi dua kelompok untuk diarahkan ke pusat teknis BIG, yaitu kunjungan ke Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas (PPTRA) dan Sentra Peta di Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPKS). Di Pusat PTRA rombongan diterima oleh Gunawan Tanjung, Ruswidyatmoko dan Rendi, dengan memberikan penjelasan tentang neraca sumber daya air. Sedangkan rombongan yang ke Pusat PPKS diterima oleh Khairil Anwar, disini rombongan MGMP mendapat penjelasan tentang jenis-jenis dan pemanfaatan peta.

Guru-guru sangat tertarik dengan penjelasan yang diberikan oleh masing-masing pusat teknis tersebut dengan ini mereka bisa mengambil pelajaran sebagi bahan ajar untuk siswa-siswi di sekolah masinig-masing. Selain itu masing-masing staf dari pusat teknis tersebut memberikan bantuan dalam bagi bapak/ibu guru yang ingin mencoba praktik alat itu sendiri. (MEU/ES).