Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kunjungan Kelas X SMAN 3 Kota Tangerang Selatan

Cibinong, Berita Geospasial BIG   Informasi Geospasial (IG), yang lazim dikenal dengan peta, adalah informasi obyek permukaan bumi yang mencakup aspek waktu dan keruangan. IG menjadi komponen penting dalam mendukung pengambilan keputusan. Sehingga pemerintah mengesahkan Undang Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

Keberlangsungan penyelenggaraan IG sangat erat kaitannya dengan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas, dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial (IPTEKS). Untuk itu, BIG menyelenggarakan kegiatan penerimaan kunjungan sebagai salah satu media penyampaian IG kepada masyarakat. Adalah siswa/i SMAN 3 Kota Tangerang Selatan mendapat kesempatan berkunjung ke BIG pada 22 Februari 2018.

Ini merupakan kunjungan kesekian kalinya dari SMAN 3 Kota Tangerang Selatan yang sebelumnya di tahun 2017. Menurut perwakilan dari SMAN 3 Kota Tangerang Selatan dalam kata sambutannya BIG merupakan salah satu tempat berkunjung siswa terbaik sekaligus tempat belajar ilmu bumi.

Hari ini, para siswa/i SMAN 3 Kota Tangerang Selatan dibagi menjadi 2 kelompok besar di ruang pertemuan yang berbeda untuk memaksimalkan proses belajar para siswa akan ilmu bumi disamping adanya acara besar BIG yang membutuhkan banyak ruangan di hari dan waktu yang sama. Salah satu dari kelompok besar ini belajar di ruang rapat Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT). Dian Ardiansyah didaulat BIG untuk menerima SMAN 3 Kota Tangerang Selatan sekaligus menyampaikan profil BIG kepada siswa/i kelas X sebanyak 40 siswa didampingi 2 guru pembimbing.

Setelah penyampaian profil BIG, mereka mendapatkan presentasi mengenai Proses Pembuatan Peta Rupa Bumi Indonesia secara sederhana yang disampaikan oleh Pak Hermayulis dan Maundri. Sesi presentasi ini langsung diisi dengan diskusi. Beberapa pertanyaan muncul dari SMAN 3 Kota Tangerang Selatan diantaranya apa yang dimaksud proses Orthorektifikasi dan alat apa saja yang dimiliki BIG yang tidak umum.

Presentasi berikut disampaikan oleh Seto Baruno dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) dengan tema Indonesia Geoportal. Seto menyampaikan sedikit gambaran mengenai proses pembuatan peta dan metode penyebarannya kepada masyarakat. Seto juga mengajak para siswa untuk mulai mengakses sosial media yang dikeluarkan BIG seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Website BIG juga tidak ketinggalan diinformasikan kepada para siswa untuk dikunjungi. Para siswa ini langsung melaporkan diri bahwa mereka sudah akses ke sosmed BIG.

Usai presentasi, para siswa belajar stereoplotting yang pada pelaksanaan dibagi menjadi 2 kelompok dari 40 siswa yang hadir di ruang rapat PPRT ini. Kelompok pertama dipandu oleh pak Sukirno sedangkan kelompok kedua dipandu oleh Maundi dan Budi Heri. Para siswa ini menggunakan kacamata 3 dimensi untuk belajar membedakan tampilan gambar yang sudah disiapkan oleh panitia.(AS)