Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

KPRI Bakosurtanal selanggarakan Rapat Anggota Tahunan ke-25

Berakhirnya tahun 2016 mengisyaratkan agar pelaksanaan seluruh rencana kerja dan kegiatan yang ditetapkan dalam RK-RAPB KPRI Bakosurtanal Tahun Buku 2016 untuk segera dievaluasi dan dipertanggung-jawabkan. Oleh karena itu, KPRI Bakosurtanal menyelenggarakan Rapat Anggota tahunan (RAT) ke-25, dan pelaporan pertanggung-jawaban pengurus dan pengawas KPRI Bakosurtanal tahun buku 2016 pada tanggal 22 Mei 2017.

Bertempat di Aula Utama BIG, Cibinong, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Z. Abidin menyampaikan dalam sambutannya bahwa koperasi menganut sifat gotong royong. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya harus terus berinovasi.  “Ini bukan saya membandingkan ya, tapi kalau yang baik-baik perlu ditiru juga bagus. Contohnya di ITB itu koperasinya banyak jual souvenir. Orang luar pasti masuk ke koperasi berminat membelinya. Nah, itu bisa juga segala souvenir kita kayak baju, tas, gantungan kunci, buku, dan lain lain segala macam kita taruh di sana, kita bisa jual di koperasi. Jadi teruslah berinovasi”, ujar Hasanuddin.

Kemudian, Ketua KPRI Bakosurtanal, Suprajaka, memaparkan progres yang sudah dicapai oleh koperasi yaitu seperti kartu Geomart, adanya buku tabungan KPRI namun belum diperbarui, kemudian adanya sistem informasi simpan pinjam, SHU, adanya kerja sama dengan perumahan sehingga dapat mencicil melalui Koperasi Bakosurtanal, dan diluncurkannya website Koperasi Bakosurtanal. Suprajaka memaparkan juga setiap bidang dalam koperasi, dimana pada tahun 2016 KPRI Bakosurtanal memiliki 6 rencana yaitu:
1. Pemantapan organisasi, terdiri dari keberadaan, peran, kondisi dan kendala dalam pengembangan KPRI Bakosurtanal,
2. Mengupayakan peningkatan jumlah anggota,
3. Menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan sebagai media pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas tahun buku 2016 dengan tepat dan terencana,
4. Menyelenggarakan tata-laksana organisasi meliputi:
    a. Pengelolaan administrasi organisasi
    b. Penyempurnaan administrasi keuangan
    c. Penyempurnaan manajemen usaha toko, dan rental kendaraan
5. Menyelenggarakan forum komunikasi, updating (pembaruan) data keanggotaan terutama dalam bidang organisasi, permodalan dan usaha.
6. Menyelenggarakan pembinaan dan pendidikan/pelatihan.

Keenam hal ini tidak semua dapat terlaksana secara penuh dan tuntas, terutama penyelenggaraaan pembinaan dan diklat. Adapun pada Bidang Organisasi, KPRI Bakosurtanal pada tahun 2016 masih melaksanakan Usaha Simpan Pinjam, Menyewakan Kendaraan, Pelayanan Tiket Pesawat, Geo-Mart BIG, dan kerjasama barang/jasa lainnya.

Kemudian pada Bidang Keuangan, disampaikan bahwa posisi keuangan yang disajikan adalah posisi periode Januari sampai dengan Desember 2016. Lalu, permodalan yang digunakan dalam operasional kegiatan usaha KPRI Bakosurtanal adalah modal sendiri dan modal luar. Rata-rata setiap bulan koperasi menerima pengajuan pinjaman uang dan barang. Jumlah pengajuan dari pinjaman uang dan barang setiap tahun meningkat. Kemudian dalam perkembangan permodalan saat ini koperasi yang berdiri tahun 1987 ini tercatat dari mulai modal Rp 15.631.500 (1987) hingga saat ini Rp 10.539.885.480 (2016).

Dalam melaksanakan fungsi dan tugas, pengurus berpijak pada Anggaran Dasar secara optimal sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap personal, walaupun beberapa kesalahan tidak dapat dihindari.

Berikut kegiatan Tahun Buku 2017 KPRI Bakosurtanal:
1.  Menggunakan SIMPIN KPRI Bakosurtanal  dengan alamat : http://simpin.kpribakosurtanal.icoop.id untuk menunjang kinerja KPRI BAKOSURTANAL.
2.  Mencetak Buku Tabungan dengan status per tanggal 31 Desember 2016
3.  Membangun WEB KPRI BAKOSURTANAL sebagai sarana komunikasi antar anggota dan sarana promosi kegiatan KPRI, dengan alamat : http://kpribakosurtanal.com.
4.  Menjadi rekanan BIG untuk pekerjaan Pemeliharaan Kebersihan Ruang dan Selasar  BIG.
5.  Menjadi rekanan BIG untuk pekerjaan Jamuan Pegawai BIG.
6.  Menjadi rekanan BIG untuk pekerjaan Sewa Kendaraan.
7.  Mencetak Kartu Belanja GeoMart.
8.  Pembahasan Badan Usaha dan Skema Simpan Pinjam KPRI BAKOSURTANAL.
9.  Update Data Buku Simpanan dan Pinjaman Seluruh Anggota paling lambat akhir Agustus 2017.
10.Aplikasi SIMPIN dibuka melalui smartphone. (ME/LR)