Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

KORPRI BIG Mengadakan Musyawarah Kepengurusan

Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang ini disebut sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) memiliki wadah untuk bersilaturahmi dan berkomunikasi secara nasional bagi seluruh abdi negeri. Wadah itu disebut sebagai KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) yang sudah berdiri sejak 29 November 1971, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971. Selama Orde Baru, KORPRI dijadikan sebagai alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, KORPRI berubah menjadi organisasi yang netral, artinya tidak berpihak terhadap partai politik tertentu yang sedang berkuasa.

Di BIG sendiri, KORPRI berperan aktif mengadakan dan ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diadakan. Apalagi, setelah terbit PP nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS, menjadikan KORPRI berdasarkan kedudukan dan kegiatannya menjadi tidak terpisahkan dari kedinasan. Mengingat di BIG banyak kegiatan yang dilakukan, KORPRI BIG dituntut untuk proaktif  dalam mengakomodir berbagai aspirasi para ASN.

Memasuki akhir masa kepengurusan KORPRI BIG periode April 2015 - Desember 2016, Dewan Penggurus (DP) KORPRI BIG, bertempat di Aula Utama BIG Gedung  S lantai 2, mengadakan Musyawarah KORPRI BIG pada Kamis, 16 Februari 2017. Musyawarah ini diadakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepengurusan DP KORPRI BIG periode sebelumnya, dan pemilihan DP KORPRI BIG periode tahun 2017 - 2022.

Di awal acara, Ketua DP KORPRI BIG, Dodi Sukmayadi menyampaikan bahwa KORPRI BIG selama ini telah banyak mendukung BIG melalui berbagai event seperti : kerohanian, olah raga, seni, sosial, dan budaya yang semuanya dapat membantu solidaritas pegawai BIG. Dalam hal peningkatan kesejahteraan, telah dilakukan beragam kegiatan yang setidaknya dapat membantu mengurangi beban, maupun meningkatkan kepedulian terhadap angggota yang perlu dibantu, bahkan masyarakat yang berada di sekitar kantor BIG.

“Selama ini, pendanaan beragam kegiatan KORPRI BIG berasal dari iuran anggota yang secara otomatis diambil dari potongan gaji  setiap PNS yang ada di BIG, serta sumbangan dari orang-orang di BIG. Harapan ke depan, KORPRI BIG punya anggaran tersendiri untuk membiayai berbagai kegiatan KORPRI BIG nantinya. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya berbagai kegiatan KORPRI BIG”, ungkap Dodi.

Sementara itu, dari KORPI Pusat, Hamdari sebagai Ketua Bidang Pengendalian DP KORPRI dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kegiatan KORPRI tidak terpengaruh kondisi politik. Lebih lanjut, Hamdani menyebutkan bahwa KORPRI BIG patut diacungi jempol, karena laporan pertanggungjawaban pengurus telah siap, bahkan dibukukan dan dijilid. “Lebih-lebih, telah pula dibuat rencana program kegiatan yang akan datang. Ini bisa menjadi contoh”, tandas Hamdani kepada peserta.

Masuk ke acara selanjutnya, acara dibuka oleh kepala BIG, Hasanuddin Zaenal Abidin. Hasan, panggilan akrab Kepala BIG, dalam sambutannya menyebutkan bahwa secara konsep, visi misi serta tujuan berdirinya KOKRPRI itu sudah baik. “Tugas sekarang adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai positif sebagai PNS/ASN itu di lingkungan kerja kita di BIG. Nilai-nilai clean, transparan, good government, bekerja efektif dan efisien serta anti KKN dan lain sebagainya yang positif sebagai nilai yang dianut KORPRI jangan hanya sebatas konsep”, ungkapnya.

Lebih lanjut Hasan menekankan bahwa menjadi anggota KORPRI jangan hanya bersifat seremonial saja. Tapi harus benar-benar menunjukkan eksistensi korps yang profesional, kompeten dan netral. Ini supaya tidak terjadi missing link antara dulu pendahulu kita yang telah bersusah payah membangun negeri, dengan generasi kita sekarang yang mengisi pembangunan ini.

Acara dilanjutkan dengan musyawarah KORPRI BIG memilih kepengurusan DP KORPRI BIG periode tahun 2017-2022. Berdasarkan hasil musyawarah, terpilih sebagai  Ketua DP KORPRI BIG periode tahun 2017-2022 adalah Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati. Selamat kepada Titiek Suparwati, semoga bisa menjalankan amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya serta membawa KORPRI BIG menjadi lebih baik lagi. (ATM/LR)