Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Konsultasi Rencana Tata Ruang Wilayah DPRD Sumbar Lakukukan Kunker Ke BIG

Cibinong Berita Geospasial – Sebanyak lima belas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan kerja ke Badan Informasi Geospasial (BIG). Kunjungan kerja dipimpin oleh Saidal Masfiyuddin, anggota komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Rombongan DPRD Sumatera Barat yang tiba di BIG pada hari Jumat (08/06) disambut oleh Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama (PPPKS) BIG Wiwin Ambarwulan. Dalam acara yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB tersebut, disampaikan bahwa BIG selalu siap dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melakukan pemetaan untuk pembangunan, terlebih saat ini Informasi Geospasial (IG) menjadi salah satu faktor vital dalam melakukan rencana tata ruang suatu wilayah di suatu daerah.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Guspardi Gaus dan Arkadius Datuak Intan Bano yang turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut menyampaikan bahwa pembaruan  Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Provinsi Sumatera Barat sangatlah diperlukan. “Hal ini tidak terlepas dari data RTRW yang dimiliki oleh pemerintah provinsi sumatera barat masih menggunakan data lama yang belum diperbarui, padahal data RTRW tersebut diperlukan untuk rencana strategis pembangunan provinsi sumatera barat dalam 20 tahun kedepan”, tuturnya.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam hal ini diwakili oleh DPRD dan beberapa kepala dinas, seperti : Dinas PUPR Kepala Bappeda dan Kepala Biro Pemerintah, berharap dengan adanya konsultasi Rencana Tata Ruang dan Wilayah ini akan membuat pembangunan menjadi lebih cepat dan efisien khususnya di Provinsi Sumatera Barat. (AR/LR)