Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kembangkan Kurikulum Eka Tjipta Foundation Lakukan Konsultasi Ke BIG

 

Cibinong, Berita Geospasial – Ilmu kebumian (Geosains), sekarang menjadi salah satu cabang keilmuan yang cukup menarik minat masyarakat tidak terkecuali Ilmu Geodesi, Geomatika, dan Geografi, untuk meningkatkan standar dan kualitas Politeknik Sinarmas Berau Coal (Poltek Simas Berau) Kalimantan Timur dan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) yang bernaung didalam Eka Tjipta Foundation melakukan kunjungan sekaligus konsultasi ke Badan Informasi Geospasial (BIG) Senin (02/07). Eka Tjipta Foundation merupakan organisasi nirlaba yang fokus pada bidang pendidikan dan lingkungan hidup.

Bertempat di Gedung C Pusat Penelitian Promosi dan  Kerjasama (PPKS) kegiatan kunjungan dan konsultasi ini dibuka oleh Dr Ir Wiwin Ambarwulan M.Sc selaku Kepala Pusat PPKS BIG, dalam sambutannya Wiwin mengatakan sangat mengapresiasi dengan kedatangan dari pihak Eka Tjipta Foundation terutama untuk melakukan diskusi mengenai pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM) dan inisiasi kerjasama di Bidang Informasi Geospasial (IG) mengingat masih terbatasnya ketersediaan SDM yang menguasasi Informasi Geospasial terutama di tingkat Diploma dan Sarjana, diharapkan dengan bertambahnya institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu kebumian akan dapat membantu BIG dalam melaksanakan tugasnya membantu meningkatkan percepatan  Pembangunan Nasional di seluruh wilayah Negara Kesatuan Indonesia (NKRI).

Sejalan dengan apa yang dikatakan Wiwin,  Direktur Politeknik Sinarmas Berau Coal (Poltek Simas Berau) Kalimantan Timur Dr. Agustina Tutik, S.Kom., MM menyambut baik  kunjungan dan konsultasi yang dilakukan pihaknya dengan BIG. “Kami Politeknik Sinarmas Berau Coal sangat berterima kasih kepada BIG yang sudah menerima dan menyambut kami dengan baik dalam rangka kegiatan kunjungan dan konsultasi ini” paparnya. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi baru terutama untuk jurusan Surveyor dan Pemetaan Poltek Simas Berau sangat mengharapkan kunjungan ini dapat berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu kerjasama antara Eka Tjipta Foundation dengan BIG selaku satu satunya institusi pemerintah  Penyelenggara Informasi Geospsial.

Selain berkonsultasi mengenai pengembangan kurikulum dan SDM profesional di Bidang Informasi Geospasial, pada kesempatan itu juga kedua belah pihak menyampaikan kemungkinan kerjasama lainnya seperti penelitian (research), kerja praktik, ataupun kerjasama keilmuan lainnya yang berkaitan dengan Informasi Geospasial.

Turut hadir dalam kegiatan ini Rektor Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek, MSc dan Dr Asep Karsidi Kepala Badan Informasi Geospasial Periode 2010 – 2014, beserta beberapa pejabat eselon II dan III dilingkungan BIG. (/AR/YDI)