Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Indonesia Raih Penghargaan Juara Satu untuk Gambar Terbaik di Barbara Petchenik Competition 2017

Cibinong, Berita Geospasial - Masih dalam rangkaian acara peringatan Hari Informasi Geospasial (HIG) Tahun 2017 yang acara puncaknya jatuh pada tanggal 24 Oktober 2017, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyerahkan berbagai penghargaan dan hasil pekerjaan kepada beberapa daerah dan para pemenang terpilih. Pemberian penghargaan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi BIG terhadap para stakeholder yang telah bekerja sama dan mendukung pelaksanaan Informasi Geospasial (IG) di Indonesia. Salah satunya adalah penyerahan Penyerahan Penghargaan “Barbara Petchenik Competition 2017” kepada Pemenang Lomba Gambar Peta untuk Anak Tahun 2017.

Lomba Gambar Peta untuk Anak Tahun 2017 ini dilaksanakan oleh BIG dengan tingkat Nasional dengan penjurian dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Dari penjurian tersebut didapatkan 6 pemenang utama dari total 665 peserta, yang gambarnya dikirimkan ke Sekretariat International Cartographic Association (ICA) di Belanda, yang selanjutnya akan diikut sertakan pada lomba gambar peta untuk anak tingkat internasional memperebutkan Barbara Patchenik Award 2017. Juara dalam lomba tersebut yang diumumkan pada bulan Juli 2017 di Washington DC USA. Adapaun kompetisi Barbara Patchenik Award 2017 ini diadakan setiap tahun ganjil, dan BIG selalu berpartisipasi dengan mengirimkan perwakilan gambar setiap tahun.

Dari 6 gambar yang dikirimkan BIG ke Barbara Petchenik Competition 2017 salah satunya berhasil mendapatkan penghargaan sebagai “First Place Best Drawing in the category age 5 and under”, yaitu gambar dari Kenya Kesuma Dewi. Kenya yang berasal dari Kediri menyuguhkan gambar dengan judul “Crafting our dreams on the land of Indonesia”. Gambaran dari gadis yang masih berusia 6 tahun ini berhasil menarik perhatian dewan juri Internasional di ICA dan berhasil mendapatkan penghargaan mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.

Adapun Lomba Gambar Peta untuk Anak Tahun 2017 ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan yang bisa memperkenalkan BIG, khususnya mengenai peta atau informasi geospasial di dunia anak-anak dan remaja (para pelajar). Kegiatan Lomba Gambar Peta Untuk Anak ini sangat penting terutama dalam rangka untuk mengenalkan peta dengan cara yang menyenangkan dan bisa memicu kreativitas dan semangat kompetisi anak-anak. Apalagi dengan mengikuti lomba, akan mendorong anak-anak untuk mandiri dan bisa meningkatkan kecerdasan spasialnya. Maka Lomba Gambar Peta Untuk Anak ini pun diselenggarakan dengan harapan mendorong penggunaan dan pemahaman peta sejak dini. Semoga ke depannya semakin banyak lagi yang berpartisipasi dalam lomba dan semakin banyak lagi gambar dari anak-anak Indonesia yang bisa mendapatkan penghargaan di kancah Internasional. (LR)