Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Indeks Peta Bencana

Pemetaan Kejadian Banjir Daerah Istimewa Yogyakarta 2017

Siklon Tropis Cempaka yang terbentuk sejak tanggal 27 hingga 30 November 2017 di wilayah Pantai Selatan Jawa, telah memberikan dampak perubahan pola cuaca ekstrem berupa hujan berintensitas tinggi dan angin kencang di hampir seluruh daerah di Pulau Jawa. Puncak kejadian hujan lebat di daratan Pulau Jawa yang terjadi pada tanggal 29 November 2017 mengakibatkan terjadinya berbagai macam bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peta Aliran Lahar Dingin Gunung Agung

Perekaman UAV untuk tujuan pemetaan aliran lahar Gunung Agung yang dilakukan oleh BNPB, PVMBG, dan BIG difokuskan pada kecamatan/ daerah yang memiliki kerentanan dan potensi untuk dialiri lahar apabila erupsi gunung agung terjadi. Adapun coverage area yang telah dipetakan oleh BIG berada di Kecamatan Dawan, Kecamatan Klungkung dan Kecamatan Sidemen (dalam kotak). Pemetaan ini bertujuan untuk mendukung pemodelan zonasi aliran lahar baik sepanjang lembah sungai maupun yang keluar dari jalur lembah melalui suatu pemodelan dan mengetahui perbedaan dan persamaannya dengan Peta Kawasan Rawan Bencana Gunungapi agung. Model aliran lahar ini sangat bermanfaat bagi informasi pemberitahuan ke masyarakat untuk menjauhi daerah yang dapat terdampak oleh aliran lahar. Selain material yang dibawa tidak sehat bagi manusia juga dapat mengakibatkan bahaya bagi orang yang berada disekitarnya dikarenakan material tersebut cukup padat.

Rawan Longsor Bogor November 2017

Peta Rawan Longsor yang dihasilkan dari pemanfaatan berbagi pakai data antar K/L tentunya akan memberikan informasi yang optimal. Analisa data dari data prediksi hujan di Bulan November 2017 (BMKG) dan gerakan tanah (PVMBG) mencoba memberikan gambaran sebaran rawan longsor di bulan November 2017 di Kab. Bogor. Kombinasi dengan data administrasi dan citra SPOT 6 (BIG) akan memberikan informasi lebih utuh lagi terkait kondisi existing yang ada pada wilayah-wilayah rawan longsor tersebut. Sebuah analisa sederhana yang mungkin masih dapat dikembangkan kedepannya dalam rangka penanggulangan bencana.

Rawan Longsor Bogor 

Peta Rawan Longsor Kabupaten Bogor dan Kota Bogor

Banjir Belitung Timur 

Laporan Analisa Cepat Banjir Belitung Timur

Banjir Bali

Peta citra terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Bangli Provinsi Bali

Banjir Jakarta

Peta Kejadian Banjir dan Daerah Rawan Banjir di wilayah DKI Jakarta.

Gunung Bromo

Aktivitas Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, mengalami peningkatan, dari Siaga menjadi Awas, pada Selasa (23/11/2010) sore.

Peta Status Gunung Api Indonesia

Gunung Merapi

Sejak 26 Oktober 2010 sekitar pukul 17.00 WIB aktivitas Gunung Merapi yang terletak di antara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta mengeluarkan letusan dan awan panas, tidak kurang dari 150 orang tewas akibat letusan ini.

Banjir Wasior

Banjir bandang melanda Kota Wasior Papua Barat pada tanggal 4 Oktober 2010. Ratusan orang meninggal dan puluhan dinyatakan hilang.

Gunung Sinabung

Sejak 29 Agustus 2010 pukul 00.10 WIB aktivitas Gunung Sinabung yang terletak di Kab. Karo, Prov. Sumut menjadi "AWAS", dan mengubah tipenya dari tipe B menjadi tipe A.

Gempa Morowali

Gempabumi terjadi pada tanggal 18 Oktober 2009 pukul 15:23:29 WIB dengan kekuatan 5,8 SR. Koordinat episentrum 3.52 LS - 123.27 BT, 89 km TimurLaut KENDARI-SULTENGGARA


Gempa Ujung Kulon

Gempa Bumi  terjadi pada tanggal 16 Oktober 2009 pada pukul 16:52:50 dengan kekuatan 6,4 SR. Koordinat episentrum 6.79 LS - 105.11 BT, 42 km Barat Laut Ujung Kulon, Jawa Barat.


Gempa Sumatera

Quick Mapping Tim Geospasial Tanggap Darurat BAKOSURTANAL


Banjir Mandailing Natal

Dari hasil pemetaan daerah rawan banjir oleh BAKOSURTANAL tahun 2006, daerah yang terlanda banjir bandang di Mandailing Natal Sumatra Utara ini memang termasuk kategori rawan tinggi


Gempa Selatan Jawa

Pada tanggal 2 September 2009, gempa bumi cukup kuat terjadi di bagian selatan Jawa Barat. Data gempa yang dirilis oleh USGS tanggal 3 September 2009 menujukkan kekuatan gempa mencapai 7,4 Skala Richter (SR), berpusat di 7,837 o S dan 107.263 o E, pada kedalaman 62,8 Km (39 miles), pada pukul 13:55:02 WIB atau 07:55:02 UTC.

Tragedi Situ Gintung

Tragedi jebolnya bendungan Situ Gintung pada tanggal 17 Maret 2009 dini hari bak “Tsunami kecil Aceh” di Jakarta. Tanggul jebol selebar 30 m dengan ketinggian 6 m pada sekitar pukul 04.00 WIB dan sekitar 2,1 juta meter kubik air melalui melanda pemukiman yang terletak di bawah tanggul.