Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Ibadah Qurban Sebagai Bukti Kepedulian Terhadap Sesama

Seperti tahun-tahun sebelumnya, BIG melalui DKM al Idrisi kembali mengadakan pemotongan hewan qurban di lingkungan kantor BIG. Jumlah hewan ternak yang diqurbankan berupa 5 (lima) ekor sapi. Kegiatan ini rutin dilaksanakan selain melaksanakan perintah agama, juga sebagai bukti kepedulian sosial pegawai BIG pada sesama.

"Pegawai BIG menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban adalah sebagai bukti kepedulian pegawai BIG terhadap lingkungan sekitar. Diharapkan, kedepannya pihak DKM al Idrisi BIG untuk lebih giat mengorganisir para pegawai BIG yang tidak berqurban di lingkungan sekitar rumahnya untuk berqurban di kantor BIG", pesan Kepala BIG Asep Karsidi saat memberikan sambutan pada acara pemotongan hewan qurban di lingkungan kantor BIG Cibinong pada 11 Dzulhijjah 1434 H (Rabu, 16 Oktober 2013).

Hewan-hewan qurban secara simbolik diserahkan oleh Kepala BIG Asep Karsidi kepada Ketua DKM al Idrisi BIG Enjang Faridl untuk selanjutnya disembelih. Proses penyembelihan hewan qurban dilaksanakan oleh Enjang Farid dibantu sejumlah tukang jagal di Cibinong dengan diawasi oleh Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor yaitu drh. Qomar.Para hadirin mendapatkan ilmu baru dari drh. Qomar dalammelakukan teknik jitu menjatuhkan hewan qurban sapi dengan cepat.

Hewan yang disembelih untuk qurban harus dalam keadaan sehat. Ada beberapa kriteria untuk mengecek kesehatan hewan qurban, diantaranya limpa, paru-paru, hati dan jantung. Hati hewan qurban yang bermasalah,misalnya terdapat cacing,ditandai dengan adanya pasir. Sementara itu, tanda paru-paru yang sehat bentuknya "kempes"dan tidak berdarah. Kalau berdarah apalagi bernanah, maka paru jangan dikonsumsi. Disarankan agar hewan qurban yang dipotong dan yang mau dipotong dipisah tempatnya. Ini untuk mencegah hewan qurban stres yang akan mengurangi kualitas daging, demikian penjelasan Qomar.

Total permintaan daging hewan qurban yang diajukan kepada panitia hewan qurban tahun 1434 H DKM al Idrisi BIG berjumlah 1.559 paket,dandisetujui sejumlah 1.017 paket. "Hal ini karena keterbatasan jumlah hewan yang diqurbankan di lingkungan kantor BIG", ungkap Jumnan, Ketua Panitia Qurban. Pihak penerima daging qurban berasal dari internal (pegawai golongan I dan II, Satpam, caraka dan PTT) dan ekternal BIG (Satpam CSC LIPI, masyarakat sekitar kantor BIG, yayasan, dll).

Oleh: Agung TM