Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

HSG Abdurrahman bin Auf Mengisi Open House BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Dalam rangka memeriahkan Hari Informasi Geospasial (HIG) ke 48, bulan Oktober 2017 ini menjadi bulan Geospasial. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan Open House BIG yang menjadi bagian dari rangkaian peringatan HIG 2017. Open House BIG sendiri berlangsung selama 3 hari, dengan jumlah total 618 peserta yang terdisi dari siswa – siswa dari 9 sekolah dengan jenjang mulai SD hingga SMA dan SMK.

Pada hari pertama pelaksanaan Open House BIG, sebanyak 44 siswa dari HSG Abdurrahman bin Auf turut meramaikan acara yang jatuh pada tanggal 24 Oktober dan bertepatan dengan acara puncak dari peringatan HIG 2017. Pada acara puncak ada sesi dimana Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro meresmikan gedung Pelayanan Teknis Informasi Geospasial (PTIG). Pada saat menuju gedung PTIG, Bambang disambut dan diiringi oleh siswa – siswa dari HSG Abdurrahman bin Auf bersamaan dengan siswa – siswa dari SDN Puspanegara Citeureup sembari memegangi bendera segitiga bertuliskan Hari Informasi Geospasial ke 48.

Setelah menyambut Kepala Bappenas, siswa – siswa di ajak ke Fun Games BIG yang berisi permainan ular tangga dan puzzle. Pada permainan ular tangga ini siswa diajak untuk belajar dan mengenal tentang BIG lebih jauh melalui permainan ular tangga yang dimainkan dengan siswa sendiri sebagai pion nya. Pemain berjumlah 5 orang di setiap permainan dan siapa yang lebih dekat atau lebih dulu sampai ke kotak finish dialah pemenangnya. Dengan tambahan siswa ditantang untuk dapat menjawab pertanyaan maupun tantangan yang diajukan oleh pemandu permainan.

Ada yang di tantang untuk menyanyi, menari dan ada juga yang ditantang untuk menjawab pertanyaan seputar BIG dan geografi. Pertanyaan yang diajukan cukup mudah sehingga banyak yang bisa langsung menjawab. Untuk permainan puzzle, ada 3 buah puzzle yang merupakan potongan peta pulau – pulau di NKRI. Pemain berjumlah 5 orang bekerja sama untuk menyelesaikan puzzle dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Pemenang dari kedua permainan ini mendapatkan souvenir khas dari BIG berupa kaos, dan yang tidak menang juga mendapat souvenir karena sudah ikut berpartisipasi. Walaupun tidak semua ikut bermain karena terbatas dengan waktu, namun siswa – siswa bermain dengan ceria.

Setelah dari Fun Games, siswa – siswa HSG Abdurrahman bin Auf diajak untuk mengunjungi Lorong Geospasial dimana mereka akan diajak bermain juga namun lebih sarat dengan pengetahuan. Mereka diberi pengetahuan mengenai peta geografi Indonesia, miniatur Kapal Catamaran yang digunakan BIG untuk survei kelautan. Terakhir sebelum mereka kembali pulang, mereka diajak untuk melihat cara kerja UAV (Drone) dan foto bersama dengan menggunakan drone. (KA/LR)