Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Geo - Innovation Bootcamp

Hasil Akhir Geo-Innovation Bootcamp

Kegiatan Geo-Innovation Bootcamp 2017 yang dikemas dengan cara yang menarik dan mendidik dengan perpaduan antara pelatihan yang bersifat indoor (class room) dengan aktifitas outdoor diharapkan dapat menjadi stimulan munculnya penggiat Geospasial Muda yang dapat membawa angin segar pada industri geospasial yang sudah ada sehingga pemanfaatan Informasi Geospasial dapat diselenggarakan dengan lebih optimal dan tepat guna. Geo-Innovation Bootcamp 2017 merupakan bagian dari perjalanan panjang strategi dalam program penyediaan Sumber Daya Manusia Informasi Geospasial yang berkualitas menuju kemandirian geospasial. Berikut resume kegiatan Geo-Innovation Bootcamp 2017: Unduh Flyer Hasil Geo-Innovation Bootcamp

 

Pengumuman Hasil Seleksi 10 Tim Terbaik

Unduh Pengumuman

Pengumuman Hasil Seleksi 25 Tim Terbaik

Unduh Pengumuman

Salah satu amanat Undang-Undang No 4 Tahun 2014 tentang Informasi Geospasial khususnya pasal 2 huruf (c) dan pasal 2 huruf (f) menyebutkan bahwa Informasi Geospasial (IG) diselenggarakan berdasarkan asas keterbukaan dan kemanfaatan. Terbukanya akses terhadap data/informasi geospasial akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan data/informasi geospasial untuk berbagai macam kepentingan.

Aspek pemanfaatan IG (hilirisasi IG) merupakan bagian sangat penting dalam rangkaian penyelenggaraan IG yang memiliki peluang besar dalam pengembangan industri IG nasional. Kami mengundang para inovator muda dalam bidang pemanfaatan IG terutama perencanaan wilayah, pemetaan desa, sistem informasi geografis untuk mendukung tata kelola penyelenggaraan pemerintahan berbasiskan IG.

Dalam rangka Hari Informasi Geospasial (HIG), BIG menyelenggarakan kegiatan Inovasi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia bidang IG (GeoInovation Boot Camp 2017). Kegiatan ini untuk menemukan potensi inovator muda dalam rangka kemandirian geospasial. Para innovator muda tersebut diharuskan membentuk tim dengan beranggotakan 4 orang dan menyusun proposal ringkas sesuai dengan format (terlampir). Inovasi dapat berupa gagasan awal atau gagasan yang sudah memiliki prototipe, contoh prototipe dapat berupa Low Cost GPS, Sistem Informasi Desa berbasis geospasial, pemetaan partisipatif, kompresi data geospasial, dan lainnya.

Proposal atau ide/gagasan kreatif yang dipandang oleh tim juri dapat diimplementasikan akan diundang serta dibimbing untuk menajamkan dan mengaktualisasikan melalui pelatihan indoor (class room) dan juga outdoor. Hasil pelatihan ini akan dikemas menjadi buku dengan 25 inovasi terbaik dalam bidang pemanfaatan IG tahun 2017.

1. Undangan Bootcamp unduh

2. Formulir Abstraksi unduh