Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Garda Terdepan Badan Informasi Geospasial

Cibinong, Berita Geospasial BIG - Public Relations atau hubungan masyarakat (humas) adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Berdasarkan penjabaran tersebut, tugas seorang praktisi humas amatlah penting untuk menjembatani alur pesan antara sebuah instansi dengan publiknya. Divisi kehumasan berfungsi untuk menghubungkan klien, relasi, masyarakat, perusahaan swasta, perusahaan negara, maupun perusahaan asing. Kini peran seorang praktisi humas sudah semakin dilirik oleh berbagai kalangan.

Badan Informasi Geospasial (BIG, dahulu dikenal Bakosurtanal) kini semakin berbenah diri untuk terus mempromosikan instansi yang bernama BIG. Humas pun memegang peranan penting sebagai penyambung lidah dari instansi kepada masyarakat. Humas BIG juga memiliki fungsi dalam membina hubungan baik dengan berbagai pihak, yang berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan BIG. Sejak 2 April hingga 8 April lalu, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BIG tahun 2015 berkesempatan untuk menimba ilmu terkait humas di Bidang Promosi dan Kerja Sama (PKS) Badan Informasi Geospasial.

Bidang PKS sendiri berada di bawah naungan Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama (PPPKS). Selama masa orientasi CPNS berlangsung, para CPNS tidak hanya diajarkan hal teknis saja, mereka juga harus mengerti bagaimana business process dari bidang non teknis seperti Bidang PKS ini. Salah satu kelompok yang berkesempatan magang di Bidang PKS tersebut diberikan pengalaman yang cukup berkesan di hari pertama mereka magang. Para CPNS BIG tahun 2015 diberikan kesempatan untuk melihat bagaimana proses shooting Company Profile BIG. Saat shooting berlangsung mereka memperhatikan dengan seksama bagaimana tiap adegan dibuat yang akhirnya akan menjadi suatu video Company Profile yang apik.

Para CPNS BIG tahun 2015 juga diberi unjuk terkait proses penyebaran peta kepada masyarakat melalui Balai Layanan Jasa dan Produk BIG, atau lebih spesifik lagi Sentra Peta. Disini para CPNS menjadi tahu betul bagaimana suatu peta bisa sampai ke tangan masyarakat yang membutuhkan. Peta yang dimiliki oleh BIG ternyata memiliki keterbatasan terutama dalam hal stok, maka dari itu stock opname dibutuhkan untuk terus memantau ketersediaan peta. Dengan arahan dari Marveltito Purba, salah satu staf Bagian Layanan Jasa dan Produk, para CPNS BIG diberikan tugas untuk melakukan stock opname peta yang berada di gudang peta. Tidaklah mudah untuk melakukan stock opname, butuh ketelitian dan kesabaran dalam menghitung ketersediaan peta.

Meskipun begitu semua tugas yang diberikan PPPKS tidaklah sia-sia. Para CPNS BIG tahun 2015 menjadi terbuka matanya bahwa business process di BIG tidaklah yang melulu berbau teknis. Ada hal non teknis yang tidak kalah pentingnya untuk keberlangsungan kontribusi BIG bagi masyarakat. Tommy Nautico, salah satu staf Bidang PKS mengungkapkan bahwa tugas mempromosikan BIG bukanlah tugas PPPKS saja, namun semua elemen BIG, mulai dari Kepala hingga staf wajib untuk melakukan suatu promosi. Hal itu dikarenakan PPPKS bukanlah bekerja dengan mengatasnamakan satu pusat, tapi mengatasnamakan BIG. Semua elemen di BIG merupakan representatif akan instansi ini, oleh karena itu sangatlah penting adanya sinergi yang baik dari semua elemen untuk memajukan BIG sebagai institusi terdepan dalam mengoptimalkan penyelenggaraan informai geospasial untuk negeri. (Nino/LR)