Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Telah Selesai

Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi yang berlangsung selama 4 bulan, telah selesai.  Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Tahun 2013 diadakan untuk beberapa tujuan: (a) mendata dan meneliti segala potensi alam di Sulawesi; (b) membangkitkan kesadaran teritorial; (c) memberikan keteladanan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam melalui program green, clean and healty; (d) pembangunan infrastruktur di daerah tertinggal; dan (e) memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit agar memiliki naluri tempur di berbagai medan dan keadaan.

Sabtu, 6 Juli 2013, Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi Tahun 2013 ditutup secara  resmi oleh Panglima KOSTRAD Letjen TNI Gatot Nurmantyo di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) TNI Batujajar Cimahi.  Ekspedisi yang telah berlangsung selama 4 bulan melibatkan elemen TNI AD, AU, AL, POLRI, Pakar dan Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi, LSM dan Organisasi Kepemudaan, sebanyak lebih dari 1.200 personil.

Acara syukuran yang merupakan rangkaian penutupan Eskpedisi diisi dengan Laporan Danjen Kopassus TNI AD Mayjen Agus Sutomo. Pada paparannya Agus Sutomo diantaranya berharap agar Ekspedisi NKRI yang akan datang harus didukung dengan penyediaan peta pendukung jalur penjelajahan yang lebih lengkap dan lebih akurat. Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi merupakan rangkaian Ekspedisi NKRI setelah sebelumnya diadakan di Bukit Barisan (Sumatera) dan Khatulistiwa (Kalimantan).

Dalam ekspedisi ini, BIG telah berpartisipasi menyediakan sejumlah data terkait IG Sulawesi yaitu:
1. Peta 9 (Sembilan) Jalur Tim Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi,
2. Peta Lingkungan Danau Indonesia di Sulawesi yakni: Tondano, Limboto, Poso, Matano dan Tempe pada skala 1: 50.000,
3. Peta Penutup Lahan Sulawesi skala 1 : 250.000,
4. Peta Karakteristik Sistem Perairan di Teluk Tomini, dan
5. Sinergi Ketahanan Pangan dan Energi di Sulawesi Selatan.

Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dalam Ekspedisi, Mayjen Agus Sutomo memberikan sertifikat kepada perwakilan tim Ekspedisi NKRI dari berbagai kesatuan TNI (Darat, Laut dan Udara), Polri, Peneliti (LIPI), dan Perguruan Tinggi. Acara ini diikuti sekitar 700 (tujuh ratus) peserta dari tim Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi 2013 serta sejumlah tamu undangan.  Sebagai instansi pendukung ekspedisi ini, BIG hadir dalam penutupan, yang diwakili oleh Pusat Pemetaan dan Integrasi Temasik dan Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama.

Oleh: Agung TM