Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Edukasi Geospasial MAN Insan Cendekia Serpong Kunjungi BIG

 

Cibinong, Berita Geospasial - pengenalan ilmu mengenai ruang kebumian (Geospasial), penting dilakukan, ditengah kemajuan zaman yang terus berkembang terutama bagi generasi penerus bangsa, hal inilah yang melatar belakangi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong Tangerang Selatan mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG) Rabu 3 Oktober 2018.

Sebanyak tujuh puluh siswa siswi dan sepuluh guru mengunjungi BIG pada pukul 09:00 WIB, dalam kunjungan kali ini mereka diberikan berbagai macem materi mulai dari pengenalan mengenai tugas dan fungsi BIG, hingga tata cara membaca peta hingga pengenalan aplikasi navigasi PetaKita. Antusias peserta pun sangat terasa pada kunjungan edukatif ini, banyak dari siswa siswi yang menanyakan seputar BIG dan dunia pemetaan, salah satunya Satrio, siswa kelas XI (sebelas) ini menanyakan mengenai berapa jumlah pulau yang ada di indonesia.

 

Tidak hanya penjelasan secara teoritis para siswa dan siswi dari MAN Insan Cendekia Serpong juga diberikan materi praktik pengenalan dasar unmanned aerial vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak. Pengenalan ini bertujuan agar para siswa tidak hanya mengenal proses pemetaan dari teori saja namun harus juga dibekali secara praktik agar mereka dapat merasakan langsung bagaimanana salah satu proses pemetaan suatu wilayah.

Pengenalan Informasi Geospasial memang sudah menjadi tugas dari BIG sebagai satu satunya instansi pemerintah yang bertugas dalam penyelenggaraan Informasi Geospasial, penyelenggaraan kegiatan kunjungan edukatif dari berbagai instansi akan senantiasa terus BIG tingkatkan agar masyarakat luas mengetahui mengenai peran penting IG dalam mendukung perencanaan pembangunan nasional. (/AR/YI)