Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Dinas Tata Ruang DKI Jakarta Konsultasi ke BIG

Rencana Detil Tata Ruang dan Zonasi Wilayah merupakan satu kesatuan pengelolaan suatu wilayah.  Apabila suatu wilayah mempunyai tata ruang yang baik, maka pembangunan di atasnya akan berjalan denga baik juga.  Di sini pentingnya informasi geospasial yang detil untuk menunjang pelaksanaan RDTR.

Sehubungan dengan penyusunan Raperda Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi (PZ) Provinsi DKI Jakarta, maka Dinas Tata Ruang DKI melakukan konsultasi dengan BIG pada 11 Juli 2013.  Konsultasi yang dilakukan adalah mengenai peta zonasi  yang telah disusun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.  Hal yang menjadi pentingadalah apakah RDTR sudah layak dan bisa dilanjutkan pengembangannya untuk tahap lebih lanjut. Peta yang mereka konsultasikan berupa peta zona yang dibuat dengan peta dasar yang sudah ada yang selalu di-update sebelumnya.

Menurut Peraturan Menteri PU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kabupaten/Kota disebutkan bahwasanya sebelum diajukan kepada DPRD, Dinas Tata Ruang DKI terlebih dahulu harus memiliki peta zona berupa peta dasar,akan tetapi  DPRD harus mengetahui bahwa ada RDTR yang sedang dibuat.

Pengujian peta yang dilakukan oleh BIG melalui beberapa tahap :
1. Pengujian dilakukan melalui beberapa titik uji yang  ada di peta dasar, termasuk foto udara dan juga peta dasar yang sudah ada sebelumnya.
2. Diteliti aspek geometris pada tiap titiknya menggunakan GPS Geodetis dan foto udara.
3. Pengujian berlanjut pada aspek skala yang digunakan pada peta tersebut.

Untuk melakukan itu semua maka pihak BIG meminta kepada Dinas Tata Ruang DKI Jakarta mengenai  peta dasar Provinsi DKI yang mereka gunakan untuk membuat RDTR, untuk diteliti kedetilannya agar sesuai dengan standar yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah. Maka dari itu akan diadakan pertemuan selanjutnya mengenai teknis pelaksanaan pengukuran yang dilakukan oleh Dinas Tata Ruang DKI Jakarta.

Oleh: Rizqi & Zulkifli